foto: planet main craft

Mengapa Amerika Disebut Negeri ‘Paman Sam’?

foto: planet main craft

INSPIRADATA. Anda pasti sering mendengar ungkapan negeri “Paman Sam” untuk Amerika Serikat. Sebetulnya, asal mula nama Sam tersebut berawal dari nama Samuel Wilson, lelaki asal Massachusettes, Amerika.

Lalu, apa hubungannya Mr. Samuel ini, sehingga diabadikan namanya menjadi julukan negara adikuasa tersebut. Disadur dari Sainsme.com, berikut kisahnya.

Samuel Wilson lahir tanggal 13 Semptember 1766 di Massachusetts, Amerika Serikat. Ketika berumur 14 tahun ia menjadi relawan dan pejuang pembela negaranya sebagai tentara.

Setelah dewasa, ia berhenti menjadi tentara dan memilih untuk membuka usaha daging kemasan. Samuel menjadi penyuplai daging terkenal untuk kesatuan tentara Amerika.

Untuk menyuplai daging, Samuel mengemasnya dalam tong-tong kayu dan diberi cap bertulisakan “U.S” yang artinya adalah United States (Amerika Serikat).

Namun di lingkungan tentara, orang-orang suka bercanda menginisialkan U.S adalah Uncle Sam, yang berarti Paman Sam (diambil dari nama Samuel), sang penyuplai daging.

Julukan Uncle Sam ini menjadi populer dengan cepat di kalangan tentara dan pejuang, hingga menarik perhatian para jurnalis yang kemudian menuliskannya di koran-koran Amerika.

Tak ketinggalan pula seorang kartunis terkenal Amerika saat itu, Thomas Nast, menggambarkan sosok Paman Sam dengan figur seorang lelaki tua yang tegap dan tinggi berjenggot putih, mengenakan pakaian bermotif bintang dan garis (pola bendera negara Amerika Serikat).

Samuel meninggal dunia pada tahun 1854 pada usia 88 tahun dan dimakamkan di New York, sehingga kota tersebut dikenal dengan sebutan “Rumah Paman Sam”. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *