Unik, Informatif , Inspiratif

Mengapa Bayi Senyum Saat Tertidur?

0

Menjadi orang tua baru merupakan hal yang membahagiakan sekaligus melelahkan. Dengan mengurus si kecil tiap waktu dan berbagai hal lainnya, tak jarang membuat orang tua terutama ibu menjadi lelah. Tapi kelelahan orang tua tersebut seketika dapat terobati dengan melihat senyum manis si kecil.

Pernahkan ibu melihat bayi mungilnya tersenyum saat tidur? Jika pernah, perlu ibu ketahui penyebabnya. Kebanyakan ibu mengira bahwa setiap bayi yang tersenyum disebabkan oleh merespon terhadap senyuman ibu. Padahal, bayi yang masih berusia 0 – 8 minggu belum bisa merespon terhadap sesuatu yang ada di sekitarnya.

BACA JUGA: Kelainan di Balik Manisnya Senyum Lesung Pipi

Lantas apakah yang menyebabkan bayi tersenyum saat tidur? Apakah ia bermimpi?

Sebenarnya, pada saat bayi tertidur terjadi sebuah refleksi dari kegiatan saraf pusat tepatnya di otak. Saat bayi tertidur, otak mungilnya tetap mengolah memori sehingga bayi dapat bermimpi atau mengigau. Hal ini akan berdampak pada otot orbikularis okuli di mata. Sehingga, saat mata bayi terpejam, pipinya akan sedikit terangkat seolah ia sedang menampakkan sebuah senyuman.

Pamela Garcy, PhD, psikolog yang berdomisili di Dallas mengatakan, “Selama tidur REM (rapid eye movement) atau tahap tidur aktif, tubuh bayi mengalami perubahan psikologi yang mengaktifkan refleks tertentu, dan salah satunya adalah senyum,” Pada tahap ini mungkin yang terjadi hanyalah reaksi fisik, bukan sinyal emosi.

BACA JUGA: Penyakit yang Dialami Bayi Setelah Liburan

Itulah yang menyebabkan bayi terlihat tersenyum saat tertidur. Jadi, bayi tersenyum bukan karena ia merespon senyuman ibu. Kecuali jika memang pada usia selanjutnya akan ada waktu dimana ia mulai bisa merespon seyuman orangtua dan orang lain yang ada di sekitarnya. []

SUMBER: THEASIANPARENT


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.