Mengapa Ikan Paus Seperti Menyemburkan Air ke Udara?

79

lubang-udara-ikan-paus paus-  - Mengapa Ikan Paus Seperti Menyemburkan Air ke Udara? -INSPIRADATA. Ikan paus adalah salah satu hewan purba yang masih ada di muka bumi ini. Hewan mamalia laut ini sering naik ke permukaan dan menyemburkan air dari tubuhnya melalui lubang sembur. Tahukan anda, mengapa ikan paus seperti menyemburkan air ke udara?

Paus merupakan hewan mamalia yang hidup di dalam air. Hewan mamalia artinya ia bernafas dengan paru-paru. Sehingga untuk bernafas mendapatkan oksigen ia harus naik ke permukaan air untuk mengambil udara. Saat bernafas, Ia akan menggunakan lubang sembur yang berfungsi sebagai alat masuknya udara. Lubang ini akan terbuka saat ia naik ke atas permukaan air untuk mengambil udara dan akan tertutup saat menyelam kembali ke bawah permukaan.

Selain itu, mamalia laut ini akan naik ke atas permukaan air untuk mengeluarkan udara lembab dan hangat dari paru-paru. Saat udara hangat itu bertemu dengan udara dingin di atas permukaan air maka terjadilah kondensasi. Kondensasi atau pengembunan adalah perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti gas (atau uap) menjadi cairan.

Akibatnya ikan Paus seperti menyemburkan air di atas kepalanya. Hal ini mirip seperti saat kita bernapas di udara dingin dan dari hidung kita keluar asap atau kabut (uap air). []

(Visited 161 times, 1 visits today)
loading...
loading...