Unik, Informatif , Inspiratif

Mengapa Ingatan Anak Sangat Kuat?

0

 

Tahukah Anda, mengapa seorang anak kecil banyak yang sudah menghafal Al-Quran? Bahkan sampai 30 juz. Itu bukan hal yang “luar biasa” tetapi hal yang “biasa”. Mengapa?

Pada masa 0-6 tahun atau yang biasa disebut golden age. Seorang anak mengalami masa yang sangat pesat. Mereka lebih mudah mengingat sesuatu dari yang dia lihat secara kasat mata ataupun yang mereka dengarkan dari sekitar mereka.

Pada usia golden age, seorang anak tidak akan suka untuk diajak belajar, mereka lebih suka diajak bermain. Orang tua harus bisa mengajak anak untuk bermain sambil belajar. Dengan itu anak akan lebih mudah untuk mengingat semua hal yang dia pernah dapatkan.

Memori semua yang sudah kita pelajari dalam kehidupan, dari perkalian, pertambahan, pengurangan, pelajaran moral, dari kesan penginderaan ke biasaan, terdiri dari ingatan (memory). Tanda dari pemahaman, termasuk pemecahan masalah.

Pengambilan keputusan, dan pengkategorian juga didasarkan pada memori. Boleeh dikatan, mempelajari segala sesuatu adalah mengingat segala sesuatu.

Sebagian besar ingatan seorang itu berada besar pada ingatan mereka pada usia dini. Mereka akan mengingat kejadian ketika mereka kecil, daripada ketika mereka sudah dewasa, karena ingatan mereka sudah dipenuhi dengan memori mereka ketika kecil.

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan memori seorang anak, diantaranya:

Rehearsal: pengulangan sesuatu ingatan mereka, seperti kita mengulang-ulang atau menanyakan kembali kepada anak, apa yang mereka lihat tadi, apa yang mereka dengarkan tadi, itu akan membantu mereka untuk mengingat memori ingatan mereka.

Organization: seorang anak akan lebih mudah mengingat dengan cara pengelompokan atau organisasi, seperti kita mengelompokan nama-nama teman sekelasnya, mereka akan mengingatnya.

Imagery: mereka akan membandingkan apa yang mereka ketahui dengan apa yang mereka lihat secara langsung, dan mereka akan kembali mengingat lagi sesuatu yang pernah mereka ketahui.

Retrieval: kita munculkan kembali apa yang ada di memori ingatan mereka.

Harus diketahui memori ingatan seorang anak lebih kuat daripada ingatan orang dewasa. Semoga bisa bermanfaat. []

SUMBER: kompasiana.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.