olahraga yang bisa bakar banyak kalori
Foto: AskMen

Mengapa Kita Ingin Buang Air Besar Saat Olahraga?

Foto: AskMen

INSPIRADATA. Apakah Anda suka melakukan olahraga pagi? Jika ya, apakah Anda perut Anda sering melilit ingin Buang Air Besar (BAB) saat berolahraga?

Tenang, hal ini rupanya tidak hanya dialami oleh satu atau dua orang. Lantas apa sebenarnya alasan di balik fenomena ini? Ada beberapa penyebab fisik yang menyebabkan orang ingin buang air besar saat mereka tengah berolahraga.

Dilansir timlo. net, salah satu penyebab Anda ingin BAB saat berolahraga adalah gangguan pencernaan. Kesimpulan ini diperoleh dari penelitian terhadap 221 atlit pria dan wanita.

Penyebab lainnya adalah karena faktor genetis dan motilitas usus. Motilitas adalah kemampuan bagian tubuh bergerak secara spontan dan aktif, dan dalam prosesnya mengkonsumsi energi. Dalam saluran pencernaan, motilitas berarti seberapa sering Anda perlu buang air besar dan konsistensinya.

Motilitas ini akan meningkat saat Anda berlari karena meningkatnya produksi hormon di saluran pencernaan. Saat motilitas, faktor genetik dan masalah pencernaan digabung maka timbullah keinginan yang kuat dalam diri Anda untuk buang air besar saat berolahraga.

Ahli kesehatan pencernaan James Lee, M.D., dari St. Joseph’s Hospital di Orange, California berkata jika lari dan olahraga lainnya bisa mengubah mucosal permeability. Mucosal permeability adalah kendali untuk menggerakkan materi di dalam saluran pencernaan keluar tubuh. Berlari juga meningkatkan aliran darah ke otot-otot untuk membuat tubuh tetap dingin.

Christopher P. Hogrefe, M.D., seorang dokter medis olahraga di Northwestern Memorial Hospital menambahkan, “Tapi apa yang orang tidak tahu adalah lari bisa meningkatkan jumlah aliran darah ke pencernaan, menyebabkan perut kram dan menimbulkan dorongan untuk buang air besar.”

Nah, sekarang Anda tahu kan penyebab perut Anda melilit ingin BAB saat olehraga? Yaps, jika Anda sering merasakan hal itu, maka kemungkinan Anda sedang mengalami gangguan pencernaan, so jangan lupa periksa ke dokter. Semoga bermanfaat. []


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *