, Mengapa Kita Meneteskan Air Mata Saat Memotong Bawang?
Unik, Informatif , Inspiratif

Mengapa Kita Meneteskan Air Mata Saat Memotong Bawang?

0

 

Banyak orang pada menangis, atau meneteskan air mata saat memotong bawang . Apa sebabnya? Harus diketahui bahwa saat mengiris atau memotong bawang merah, berarti kita telah memecahkan sel di dalamnya yang membuat bawang merah melepaskan kandungan asam sulfenik.

Asam tersebut kemudian tercampur dengan enzim dan kemudian akan menghasilkan gas yang disebut dengan propanethiol D-oxide, apa itu spropanethiol D-oxide itu.

Gas tersebut nantinya akan menyebar ke udara dan sampai ke mata kita. Saat sampai ke mata gas tersebut akan bercampur dengan air mata kita dan membentuk asam sulfurik.Asam sulfurik inilah yang akan membuat mata terasa perih dan hingga mengeluarkan air mata.

Jika asam sulfurik tersebut semakin banyak, maka akan mengeluarkan air mata yang banyak juga, dan jika dibiarkan terlalu lama dapat membuat mata menjadi iritasi. Namun,asam sulfurik tersebut akan hilang jika bawang di masak. Namun, untuk mencegahnya anda bisa melakukan beberapa saran.

Yang pertama kita bisa mengiris bawang di dekat air yang mengalir, agar gas tersebut akan diserap oleh air terlebih dahulu. Bisa juga kita mengiris bawang dengan cepat, agar gas tersebut tak sempat untuk mencapai ke mata.

TIPS mencegar keluarnya air mata saat memotong bawang :
1. Saat memotong bawang, jaga jarak antara mata kita dengan bawang yang sedang dipotong atau diiris. Hal ini akan mengurangi efek iritasi dari gas yang dikeluarkan bawang tersebut.

2. Jaga agar bawang merah tetap dingin, dengan cara menyimpannya di dalam lemari es.

3. Menggunakan kacamata.

4. Cara yang paling mudah, dengan menggunakan alat khusus pemotong bawang.

Dan masih banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menghindari meneteskan air mata .[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.