perusahaan
Foto : timo.vn

Mengapa Merek-merek Raksasa Bisa Tumbang?

Dunia bisnis memang tak selamanya akan selalu mulus, tak selamanya akan terus berjaya, dan tak selamanya akan sesuai dengan harapan kita.

Bulan lalu, tanggal 4 Agustus 2017 lalu masyarakat Indonesia dikejutkan dengan putusan Pengadilan Niaga Semarang yang menyatakan bahwa perusahaan jamu legenda Indonesia, Nyonya Meneer mengalami kebangkrutan.

Bukan hanya di Indonesia, perusahaan di luar negeri yang sudah berpuluh tahun berkarya seperti Yahoo dan Nokia pun harus tumbang dan diambil dialih oleh perusahaan besar lainnya karena tidak bisa mengatasi masalah internal dan eksternal yang ada di perusahaan tersebut.

1. Perkembangan teknologi yang sangat cepat
Kebanyakan perusahaan selalu merasa berada di zona aman karena produknya sudah berkembang pesat dan banyak peminatnya. Seperti contohnya perusahaan Nokia, karena mereka tak melakukan inovasi baru sementara pesaing lainnya sudah memulai inovasi baru. Sehingga produk mereka menjadi kurang diminati oleh para konsumen.

Dilansir dari Harvard Business Review, Walter Frick menulis bahwa kebanyakan perusahaan tidak dapat bertahan karena keterlambatan atau bahkan tidak adanya inisiatif untuk menyesuaikan lingkungan dengan dunia baru yang sangat berbeda ketika perusahaan-perusahaan ini pertama kali muncul.

Salah satu contoh paling nyata adalah Yahoo yang tidak bisa mengikuti era smartphone dan aplikasi. Di saat Yahoo sibuk dengan mengurus iklan, perusahaan lain terus berinovasi dengan teknologi terbaru, sistem operasi yang terus diperbaharui dan produk-produk inovasi lainnya.

2. Faktor internal perusahaan
Faktor internal menurut pengamat bisnis Donald Sull sebagaimana dikutip dari Harvard Business Review adalah hilangnya penggerak perusahaan. Di setiap perusahaan selalu ada karyawan terbaik, manajer yang inovatif ataupun CEO yang mempunyai banyak ide cemerlang. Mereka adalah para penggerak perusahaan. Jika mereka pindah ke perusahaan lain, maka akan membawa perubahan di internal perusahaan. Hal itu perlu diantisipasi. []


Artikel Terkait :

About Nuryani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *