fakta tari sufi
Foto: Cappadocia Hot Air Balloon Ride

Mengapa Penari Sufi Tidak Pusing Meski Terus Berputar?

Tarian Sufi adalah sebuah bentuk dari Sama atau meditasi aktif secara fisik yang berasal dari kalangan Sufi, dan masih dipraktikan oleh ordo Dervish dan Mevlevi Sufi. Tarian  tersebut merupakan sebuahtarian yang ditampilkan bersama dengan Sema, atau upacara sembahyang.

Tarian yang sering disebut Whirling Dervishes ini dilakukan dengan cara berputar-putar searah jarum jam. Tarian ini bisa dilakukan selama berjam-jam dan para penarinya tidak merasa pusing. Mengapa?

BACA JUGA: Indahnya Cinta Para Sufistik

Ada aspek spiritual dalam tarian ini. Para penarinya bilang, saat mereka berputar, tubuh dan pikirannya mengikuti irama dan menikmati perputaran itu. Sehingga penari merasa, tarian itu seperti perjalanan spiritual juga. Lalu perputaran itu dihentikan secara perlahan-lahan, supaya sinkron antara pikiran dan tubuh.

BACA JUGA: Cermin Sang Sufi, Pelukis Timur, dan Raja Adil Bijaksana

Tapi ada lho tekniknya supaya tidak pusing. Penari itu rupanya tidak menggerakkan kepalanya selama menari, persis seperti teknik para ice skater saat berputar dalam kecepatan tinggi. Mereka juga tidak memejamkan mata dan tidak melirik.

Demikianlah alasan kenapa kita merasa pusing setelah berputar-putar, Maha Suci Allah yang telah menciptakan makhluk-makhluk-Nya dengan kemampuannya masing-masing. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *