Unik, Informatif , Inspiratif

Mengapa Sikap Anak Berbeda dengan Orangtuanya?

0

Bagi orang tua yang melihat anaknya berbeda sikap dengan orang tuanya, jangan kaget melihat hal tersebut. Karena ada banyak faktor yang menyebabkan anak berbeda sikap dengan orang tua.

BACA JUGA: Ini Tiga Posisi Anak dalam Kehidupan

Claudia Friedrich, seorang profesor psikologi perkembangan University of Tuebingen ndi Jerman mengatakan bahwa bayi hanya mewarisi setengah DNA dari kedua orang tuanya.

Selain DNA, faktor lingkungan juga berpengaruh pada kepribadian anak.

“Perkembangan kepribadian juga sangat bergantung pada lingkungan tempat anak-anak tumbuh. Mereka dipengaruhi oleh perilaku orang tua, kakek-nenek, guru, dan teman sebaya. Perilaku mereka adalah interaksi itu semua,” kata Friedrich, seperti dikutip dari Deutsche Presse-Agentur.

Sedangkan, menurut Eva Asselmann, seorang psikolog kepribadian di Humboldt Unversity Berlin, pengaruh luar sangat penting. Tidak hanya pada tahun-tahun awal pada kelahiran anak.

BACA JUGA: Jarang Main Bersama, Anak-anak Jerman Demo Orangtuanya

Dan, psikoterapis Susanne Egert sering menasehati orang tua yang lelah menghadapi anak-anak mereka. Ia juga menekankan kepda orang tua agar tidak mencoba memaksakan kepribadian mereks pada anak.[]

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline