Unik, Informatif , Inspiratif

Mengecap Sejarah Kecap Manis di Indonesia

0

Layaknya bahasa daerah, Indonesia memiliki kekayaan khas yang tak terhitung dan terharga dalam kulinernya. Bukan hanya rasa dan penampilannya, sejarah di balik kuliner perlu diketahui agar kekuatannya lebih terasa.

Pengamat kuliner dan foodpreuneur, Chef Ragil Iman Wibowo menjelaskan bahwa sejarah atau latar belakang di balik sebuah makanan menjadi sebuah kekuatan bagi makanan tersebut.

BACA JUGA: Mencukur Sejarah “Pangkas Rambut Asgar” yang Legendaris

“Dunia cari cerita di balik makanan, kalau di Indonesia ada ceritanya tidak turun-temurun atau street food ini harus terus cari dan di-triger ke kaum milenial,” kata dia saat ditemui awak media belum lama ini.

Pria ini pun menjabarkan beberapa sejarah di balik makanan yang lekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia yang belum banyak diketahui. Salah satunya adalah kecap manis.

“Sebenarnya salah satu bahan otentik yang ada di Indonesia kecap manis dari Vietnam salah, bohong karena dibuat oleh China untuk keperluan di Indonesia di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah,” kata Ragil.

BACA JUGA: Jeruk Nipis Campur Kecap, Bisakah Sembuhkan Batuk?

Kecap asin ke manis

Dia menyebut, bangsa China yang kala itu datang membawa kecap asin, namun ternyata tidak laku di Jawa. Mereka akhirnya melakukan inovasi dengan menambahkan gula merah pada kecap asin yang mereka bawa dari negara asalnya.

“Jadi waktu itu mereka bahwa kecap asin tapi enggak laku di sana. Mereka tahu di Jawa suka manis ketika asin enggak laku, mereka lihat gula merah menarik enggak tahu tambah ke kecap asin tercipta kecap manis dan disukai Jawa,” tuturnya. []

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.