Unik, Informatif , Inspiratif

Mengenakan Pakaian Terbaik Saat Shalat Jumat, Apakah Sombong?

0

Salah satu amalan dalam mempersiapkan diri sebelum shalat Jumat adalah mengenakan pakian yang terbaik. Di satu sisi, pakaian yang baik mencerminkan kemuliaan orang yang mengenakannya serta mencerminkan kemuliaan suatu keadaan tertentu.

Namun, apakah memakai pakaian terbaik saat shalat Jumat berupa suatu perbuatan sombong?

BACA JUGA: 4 Golongan yang Dibolehkan Tidak Shalat Jumat

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Hari Jumat adalah hari raya yang dijadikan Allah untuk kaum Muslimin.” (HR Ibnu Majah)

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam menganjurkan umat Islam yang mampu untuk memiliki pakaian khusus yang dipergunakan ketika ibadah shalat Jumat.
Dari Aisyah, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam pernah berkhutbah pada hari Jumat.

Kemudian berilau melihat di antara jamaah ada yang mengenakan pakaian nimar. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam pun berkata, “Tidak ada salahnya jika ada di antara kalian yang berkecukupan untuk memiliki dua pakaian khusus untuk hari Jumat selain pakaian kerjanya sehari-hari.” (HR Ibnu Majah)

BACA JUGA: Laki-laki Muslim, Shalat Jumat-lah, Ini 5 Keutamaannya

Adapun maksud dari pakaian terbaik untuk shalat ialah, pertama pakaian yang menutup aurat secara sempurna. Kedua, pakaian yang bersih dari najis dan kotoran. Ketiga, bukan pakaian sutra atau yang mengandung sutra. Keempat, pakian yang berwarna putih.

Kelima, tidak mencolok. Keenam, bukan pakaian bergambar. Ketujuh, pakaian yang didapat dari hasil yang halal. []

Sumber: Superberkah Shalat Jumat, Oleh: Firdaus Waqdi


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.