ibnu sina
Foto: kidskunst

Mengenal Cendikiawan Muslim, Ibnu Sina

Ibnu Sina. Siapa yang tidak mengenalinya? Dengan kecerdasan luar biasa ia mampu menghafal al-Quran sejak usia kurang dari 10 tahun. Kecerdasannya tidak sampai di sana.

Berbagai macam ilmu lainnya seperti matematika, logika, fisika, geometri, astronomi, hukum Islam, teologi, kedokteran, dan metafisika pun ia kuasai saat usianya baru 17 tahun.

BACA JUGA: Karya-Karya Cendekiawan Muslim Ibnu Sina

Ibnu Sina atau Avicenna (370- 29 H/980- 037 M) memiliki nama lengkap Abu Ali al-Husain bin ‘Abd Allah ibn ‘Abd Allah ibn ‘Ali ibn Sina.’ Ia lahir di Afshanah, desa kecil dekat Bukhara, 370 H/980 M, dan wafat di Hamdan, 428 H/1037 M.

Seorang putra dari pegawai tinggi pada Dinasti Samaniah (204-395 H/819-1005 M), ‘Abd Allah hasil pernikahannya dengan Sitarah dari Balkh.

Pada usia 17 tahun ia mengawali profesi sebagai seorang dokter dan menjadi sangat populer ketika ia berhasil mengobati Nuh bin Manshur (976-997 M), salah seorang penguasa Dinasti Samaniah.

Karena kemampuan dan jasa-jasanya kepada penguasa, maka Ibnu Sina mudah keluar masuk perpustakaan istana. Sehingga ia dengan leluasa membaca buku dan memperlajari sesuatu yang baru.

BACA JUGA: Agar Tidak Terjerumus Maksiat, Ini 6 Nasihat Ibnu Qoyim

Dalam kesehariannya Ibnu Sina menulis kitab Qonun dalam hal kitab kedokteran. Serta menulis ensiklopedia filsafat, kitab karangannya dierik judul Al-Syifa’. Kitab Al-Syifa’ terdiri dari 18 jilid.

Di dalam kitab tersebut dibahas mengenai ilmu filsafat, mantiq, matematika dan lain sebagainya. Buku Ibnu Sina tentang kedokteran yaitu Al-Qonun merupakan tujukan dari semua buku kedokteran dalam beberapa abad. Karena dianggap paling otentik.

Sumber: Filsafat dan Metafisik dalam Islam, Oleh: K.H. Muhammad Sholikhin | Biografi Tokoh Ilmuwan Dunia Oleh: Najichah


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Siapa Rowan Atkinson?

Menurut The Observer, ia adalah salah satu dari 50 orang terlucu di Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *