Unik, Informatif , Inspiratif

Mengenal Minyak Jarak dan Manfaatnya untuk Kecantikan

0

Alam telah menyediakan kebutuhan manusia termasuk kebutuhan nutrisi untuk kecantikan. Berbagai jenis tumbuhan memang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, salah satunya yaitu biji buah jarak.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minyak biji tanaman jarak atau castor oil dapat bermanfaat untuk kecantikan.

BACA JUGA: Kulit Berminyak? Atasi dengan Lulur Tomat!

Minyak jarak atau castor oil merupakan minyak nabati yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak (Ricinus communis). Dalam bidang farmasi dikenal pula sebagai minyak kastroli atau castor oil.

Dilansir dari nextskin, minyak castor oil ini serba guna dan memiliki karakter yang khas secara fisik. Pada suhu ruang minyak jarak berfasa cair dan tetap stabil pada suhu rendah maupun suhu sangat tinggi.

Minyak jarak ini ternyata diproduksi secara alami lho. Pemanfaatannya pun beragam. Selain bisa dimanfatakan untuk kecantikan, minyak jarak dan turunannya dimanfaatkan secara luas dalam berbagai industri.

Mulai dari industri sabun, pewarna, farmasi, parfum dan masih banyak lagi.

Untuk dunia kecantikan sendiri, ternyata minyak jarak telah digunakan sejak zaman Mesir kuno.

Lalu apa saja manfaat minyak jarak untuk kecantikan? Simak ringkasannya berikut ini.

1. Membantu Mempertebal Alis

Anda dapat menebalkan alis dengan cara memijatkan minyak jarak, dan membiarkannya meresap selama beberapa saat sebelum dibilas dengan kapas bersih. Lakukan setiap hari hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

BACA JUGA: Rahasia Kulit Cantik Alami dengan Minyak Kelapa

2. Membantu Melembabkan Bibir

Jika Anda perhatikan dengan seksama, begitu banyak lip balm di luar sana yang menggunakan castor oil sebagai salah satu komposisi paling mendasar.

Kandungan asam lemaknya tak hanya melembutkan bibir Anda namun juga melindunginya dari kekeringan.

3. Membantu Menyamarkan Bekas Jerawat

Castor oil ternyata memiliki kemampuan untuk merangsang pembentukan sel-sel kulit baru sehingga dapat membantu menyamarkan parutan seperti contohnya bekas jerawat bahkan hingga keloid.

4. Mencegah Keriput

Berkat kandungan antioksidannya yang melimpah, castor oil sudah lama terkenal dengan khasiat anti-penuaan dini termasuk diantaranya mengurangi penampakan garis-garis halus maupun keriput.

BACA JUGA: Seperti Apa Minyak Kasturi Itu?

5. Makeup Remover

Minyak jarak memang piawai dalam urusan membantu mengangkat minyak dan kotoran dari permukaan kulit, termasuk sisa riasan yang menempel di wajah.

Castor oil sangat baik untuk membersihkan makeup terutama di sekitar area mata karena teksturnya yang lembut. Oleh karena itu, banyak sekali produk kecantikan yang mengandung castor oil ini. []

 

SUMBER: NEXTSKIN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline