Foto: Next Level XL

Mengenal Sejarah dan Perkembangan Trampolin di Belahan Dunia

Trampolin atau alat pantul bukan hanya sekedar barang tak berarti. Ternyata beberapa negara memiliki pemaknaan tersendiri terhadap benda itu.

Sejarah trampolin berasal dari beberapa ribu tahun lalu. Berikut ulasan mengenainya:

1. Cina, Iran dan Mesir Kuno

Penggambaran perangkat seperti trampolin telah ditemukan di situs arkeologi kuno di Iran, Cina dan Mesir.

Para sejarawan percaya bahwa peradaban kuno mungkin telah menggunakan perangkat ini untuk upacara keagamaan, perayaan atau untuk mendapatkan pemandangan yang lebih indah.

2. Eskimo Alaska

Trampolin yang ditemukan di Alaska di mana orang Eskimo akan menggunakannya sebagai alat olahraga dan alat bertahan hidup terbuat dari kulit walrus. Satu orang akan duduk di tengah kulit, sementara beberapa orang lain memegang tepi trampolin dengan erat dan meluncurkan orang yang duduk di udara.

Orang Eskimo akan menggunakan trampolin primitif ini untuk mengintai hewan dari jarak yang aman, dan sebagai kegiatan rekreasi yang menyenangkan.

3. Trampolin modern

Asal usul trampolin modern masih menjadi misteri, tetapi pujian atas penemuannya sering diberikan kepada Du Trampolin. Du Trampolin adalah seorang seniman yang muncul dengan gagasan menggunakan jaring trapeze sebagai alat pendorong dan pendaratan.

Kabarnya, Du Trampolin bereksperimen dengan beberapa sistem suspensi yang berbeda sebelum menciptakan yang ukuran praktis untuk pertunjukan.

4. Trampolin dan Perang Dunia II

Sekolah Penerbangan Angkatan Laut AS mengembangkan trampolin selama Perang Dunia II sebagai alat untuk melatih navigator dan pilot.

Trampolin adalah alat yang sangat baik untuk menurunkan kepekaan pilot untuk berputar dan membalik, dan untuk menghilangkan ketakutan mereka terhadap ketinggian.

Selain itu, trampolin digunakan untuk meningkatkan keseimbangan dan kontrol tubuh, dan untuk memperkuat otot. Nantinya, NASA akan menggunakan trampolin untuk mempersiapkan astronot untuk hidup di angkasa. []

Sumber: intisari.grid.id


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *