Unik, Informatif , Inspiratif

Mengenal Tradisi Air Seni Unta di Yaman

0 24

Kalau menyoal tradisi tak akan ada habisnya. Setiap negara, daerah, hingga keluarga sekalipun memiliki tradisi. Ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Hidup dan kehidupan manusia tak bisa dilepaskan dari tradisi, prosesi dan tata cara pelaksanaannya banyak yang mengundang kontroversi. Pasalnya, tradisi adalah salah satu bentuk kearifan lokal yang memiliki tujuan mulianya masing-masing.

BACA JUGA: Dunia Khawatirkan Krisis Kelaparan Terburuk di Yaman

Air seni unta

Yaman misalnya, demi menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan, penduduknya melakukan sebuah tradisi turun-temurun. Yaitu meminum air seni unta. Bukan hanya susunya.

Air seni unta dipercaya masyarakat di Semenanjung Arab memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Menenggak urin unta diyakini dapat mengobati penyakit pada pria dan membuat tubuh sehat serta bugar.

Sedangkan bagi wanita, air seni unta dipercaya dapat mengatasi masalah pada rambut seperti rambut rontok. Dengan mengonsumsi air seni unta, masyarakat Yaman percaya bahwa kulit kepala mereka akan lebih sehat, kerontokan berkurang, dan nantinya rambut mereka akan menjadi sehat, lebih indah, dan mengkilap.

Dijadikan Sampo

Hanya saja, cara mengonsumsinya berbeda. Bagi pria, mereka mesti menenggak air seni dari hewan berpunuk tersebut. Sedangkan wanita atau orang-orang yang membutuhkan khasiat urin ini pada rambutnya, mereka dapat menjadikannya sebagai tonic atau sampo.

Menariknya, karena praktik tradisi mengonsumsi air seni unta telah terjadi secara turun-temurun dan dianggap memiliki khasiat yang luar biasa, tak jarang dokter di Yaman meresepkannya bagi para pasien.

BACA JUGA: Penjelasan Ustadz Bachtiar Nasir Mengapa Contohkan Minum Air Seni Unta

Begitu juga dengan pihak salon yang berurusan dengan masalah rambut konsumennya. Beberapa dari mereka menggunakan air seni unta sebagai treatment alami untuk mengurangi rambur rontok para pelangganya.

Selain dapat mengobati penyakit pada pria dan mengurangi kerontokan rambut, air seni unta diyakini masyarakat Yaman dapat mengobati kanker dan penyakit liver. Mengonsumsi air seni dan susu unta juga kabarnya dapat mengobati proriasis atau peradangan menahun pada kulit. []

SUMBER: LIPUTAN6

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline