Mengerikannya Panti ‘Rehab Internet’ di Cina

14

cina-  - Mengerikannya Panti ‘Rehab Internet’ di Cina -INSPRADATA. Keranjingan bermain gadget atau internet mungkin sudah dianggap lumrah saat ini. Apapun kegiatan favorit Anda entah itu bermain Candy Crush, Call of Duty, atau mungkin rajin buka Wikipedia, semua itu ternyata banyak menyita hidup Anda.

Mengutip Metro, beberapa negara menerapkan kebijakan khusus guna mencegah kecanduan gadget. Inggris misalnya. Di negara ini orang-orang yang kecanduan internet sampai harus dirawat layaknya orang sakit di Priory.

Dan di Cina, kecanduan gadget dianggap sebagai masalah kesehatan yang serius. Ratusan orang tua mengirim anak mereka masuk ke pusat rehabilitasi yang disebut ‘kamp boot.’ Di pusat rehabilitasi ini, anak-anak dan remaja dapat terbebas dari gadget dan berselancar internet.

Kamp Boot telah ada selama lebih dari satu dekade dan beberapa orang yang keluar dari kamp ini mengaku kehidupan mereka bisa berubah.

Namun, ada sisi gelap di kamp-kamp tersebut, South China Morning Post melaporkan.

Surat kabar negara ini mengatakan pemerintah Cina tengah menyusun undang-undang baru yang melindungi remaja dari kekerasan, kejutan listrik dan obat-obatan di pusat rehabilitasi.

Bahkan, dalam kasus yang paling ekstrim muncul laporan adanya remaja yang tewas, misalnya ketika salah satu remaja penghuni kamp dipukuli sampai tewas.

Menurut laporan, RUU tentang cyberprotection di Cina untuk anak di bawah umur akan dirilis dalam 30 hari ke depan dari keluhan publik pada Jumat (6/1/2017).

Hal ini bertujuan tak hanya untuk mencegah penyalahgunaan di pusat rehabilitasi, namun untuk menghentikan masalah kecanduan internet juga. []

(Visited 8 times, 1 visits today)
loading...
loading...