Unik, Informatif , Inspiratif

Menghafal Al-Qur’an Bukan untuk Menghafal

0

Menghafal al-qur’an tapi tidak hafal-hafal? Jangan khawatir. Dengan seperti itu Anda bisa berlama-lama dengan Al-Qur’an. Seorang Ustadz mengatakan cepat hafal itu datang dari Allah. Namun, jika ingin cepat hafal, itu datangnya dari syetan.

BACA JUGA: Al-Qur’an sebagai Penuntun Ilmu Pengetahuan

Beberapa prinsip ini dapat Anda terapkan untuk memudahkan Anda dalam menghafal Al-Qur’an. Diantaranya, Anda harus memiliki prinsip bahwa menghafal tidak harus hafal. Allah memberikan kemampuan mengingat kepada hamba-Nya berbeda-beda. Menghafal ini bukan untuk hafa.

Tetapi, untuk  setia pada Al-Qur’an. Target menghafal ini bukanlah sampai pada ujung ayat. Namun, agendakan bagaimana untuk menghabiskan waktu yang sudah diagendakan hanya untuk menghafal.

Kemudian, menghafal tidak untuk diburu-buru dan tidak ditunda-tunda. Waktu yang sudah ditetapkan untuk menghafal, berapapun ayat yang sudah Anda hafal dalam waktu yang sudah Anda tetapkan, itu tidak jadi masalah. Jangan terburu-buru untuk menambah hafalan ayat selanjutnya jika ayat sebelumnya belum benar-benar hafal. Tidak terburu-buru bukan berarti untuk menunda-menunda.

Nikmatnya menghafal Al-Qur’an dari ayat ke ayat seperti nikmatnya suatu makana yang terasa ketika sedang memakannnya, bukan terasa sebelum memakan ataupun setelah memakannya.

Nikmat dari menghafal ini saat membacanya berulang-ulang. Perlahan-lahan menghafal Al-Qur’an juga harus memerhatikan jadwidnya. Agar bacaan tersebut nikmat saat diucapkan dan enak didengar.

Tidak hanya itu, melafalkan ayat Al-Qur’an dengan tajwid yang benar akan berbeda nilainya dengan yang hanya melafalkan Ayat Al-Qur’an tanpa tajwid yang benar.

Menghafal Al-Qur’an juga harus memerhatikan durasi. Seperti yang sudah dikatakan di awal, komitmen saat menghafal ini ada pada durasi yang telah ditetapkan, bukan pada ayat yang akan dihafal. Karena, dengan menetapkan waktu untuk menghafal, akan membuat aktivitas lainnya bisa terlaksana.

BACA JUGA: Ternyata, Menghiasi Al-Qur’an dengan Suara itu Sunnah

Jika menghafal dengan komitmen ayat yang akan dihafal tanpa menentukan waktu dalam sehari, kemungkinan besar itu bisa membuat hafalan menjadi acak-acakan.[]

SUMBER: ARRAHMAH


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline