Unik, Informatif , Inspiratif

Menghemat Bensin pada Motor Matic? Ini Dia Tipsnya (1)

0

 

Motor matic merupakan salah satu jenis motor yang kini banyak digunakan oleh banyak kalangan, khususnya wanita. Motor jenis ini tidak begitu ribet seperti halnya motor bebek. Motor matic hanya tinggal menggunakan gas lalu bisa melaju dengan mudah. Hanya saja, kendala dari penggunaan motor matic ini ialah borosnya bahan bakar, apalagi sekarang ini BBM telah naik.

Motor matic disinyalir lebih boros bensin ketimbang motor bebek. Hal tersebut lantaran motor matic memiliki jumlah gear yang lebih banyak bila dibanding dengan motor bebek.

Motor bebek yang memiliki persneling dapat mengatur laju RPM (Rotasi Per Menit) dan memungkinkannya untuk menghemat bahan bakar. Berbeda dengan motor matic yang tidak memiliki persneling sehingga akan sulit untuk menghemat baban bakar melalui pergantian gear tersebut.

Namun jangan khawatir, pemborosan bahan bakar oleh motor matic sebenarnya masih dapat diminimalisir dengan beberapa tips berikut:

1. Membersihkan karburator secara rutin

Komponen yang bertanggung jawab atas udara yang masuk pada ruang bakar ini akan ikut mengatur boros tidaknya motor matic Anda.

2. Pilihlah oli yang cocok dengan mesin motor Anda

Pergesekan mesin yang tinggi gara-gara oli yang tidak cocok akan membuat mesin panas dan gas lebih berat. Kalau hal tersebut terjadi, tentu bahan bakar juga akan semakin boros.

3. Jangan terlalu lama panaskan mesin

Sebelum beraktivitas menggunakan sepeda motor, memanaskan kendaraan sudah menjadi barang wajib. Tetapi ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, termasuk sebisa mungkin menggunakan kick stater daripada mengguankan tombol starter.
Apabila terpaksa menggunakan tombol starter, pastikan turut menarik rem belakang. Kemudian hindari menarik tuas gas agar bensin tidak menguap percuma.

BERSAMBUNG


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.