Unik, Informatif , Inspiratif

Menghemat Bensin pada Motor Matic? Ini Dia Tipsnya (2-Habis)

0

 

4. Tarik tuas gas dengan perlahan

Sepertinya hal ini juga menjadi kebiasaan para rider, menarik tuas gas berulang-ulang padahal motor Anda sedang dalam keadaan berhenti. Sebisa mungkin hindari hal ini karena akan membuat konsumsi bensin terbuang sia-sia.

5. Manajemen waktu hindari kemacetan

Kemacetan merupakan musuh utama dalam upaya pengendalian bahan bakar. Atur sedemikian rupa waktu berkendara Anda agar tidak terjebak kemacetan dengan mengenali waktu serta posisi titik kemacetan.

6. Jangan sering-sering rem mendadak

Beda dengan motor bebek maupun sport yang bisa memanfaatkan engine brake untuk mengurangi laju kendaraan, sepeda motor matic hanya menggunakan rem depan dan belakang.

Penting diperhatikan agar tidak terlalu sering melakukan pengereman secara mendadak atau terlalu dalam. Oleh karena itu, perhatikan laju kendaraan Anda.

7. Pakai bensin dengan kualitas terbaik

Selain cara dan sikap berkendara di jalan, faktor pengguanan bahan bakar juga tak luput dari perhatian. Baiknya, gunakanlah bensin dengan oktan di atas 90 persen agar pembakaran di ruang mesin jauh lebih sempurna.

8. Hindari membawa beban berlebihan di atas motor

Semakin berat beban yang dibawa di atas motor, bukaan gas yang dibutuhkan juga lebih dalam. Hal ini tentu saja mempengaruhi konsumsi bensin motor matic Anda. Sayangi motor matic Anda dengan tidak membebaninya dengan beban yang berlebih.

Selain bikin boros konsumsi bensin, membawa muatan yang berlebihan di atas motor juga mengganggu kenyamanan berkendara. [rika/islampos/capebanget/terselubung/vauzi]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.