Unik, Informatif , Inspiratif

Mengisi Shaf Pertama Saat Shalat? Ini Keutamaannya

0

Mengikuti shalat berjamaah sudah diketahui oleh umum akan menuai sebanyak 27 pahala. Sayangnya, terkadang ada orang yang masih ogah-ogahan menduduki shaf pertama saat shalat.

Padahal, pada masa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, shaf terdepan menjadi tempat yang diperebutkan.

BACA JUGA: Ini Hukumnya Menghayal Saat Shalat

Dalam suatu riwayat berbunyi, “Seandanya manusia tahu keutamaan dalam azan dan shaf pertama kemudian mereka tidak mendapatkan kesempatan kecuali dengan diundi, pasti mereka akan mengundi, dan seandainya mereka tahu keutamaan bergegas menuju shalat, pasti mereka akan berlomba-lomba.” (HR Bukhari dan Muslim)

Keutamaan shaf terdepan sudah menjadi bahan perbincangan dan perebutan pada masa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam.

Ubay bin Kaab pernah mendapati Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya, saft pertama itu seperti shaf para malaikat, seandainya kalian mengetahui keutamaannya, pasti kalian akan bergegas menempatinya.” (HR Abu Dawud)

Bahkan dalam beberapa redaksi lain dikatakan jika, “Sesungguhnya, Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada saf peretama.” (HR Ibnu Hibban)

BACA JUGA: Ketika Anak Bertanya Kenapa Harus Shalat

Adapun maksud bershalawat di sini ialah mendoakan kebaikan untuk manusia yang berupa beragam kemudahan dan kebaikan lainnya.

Allah akan menghimpun seluruh manusia untuk dihitung amalnya dan diberi balasannya secara setimpal dan adil. Oleh karena itu, Allah telah memerintahkan kepada kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Termasuk salah satu yang termudahnya ialah berada di saf terdepan. []

Sumber: Sunah-sunah Kecil Berpahala Besar, Oleh Muhammad Safrodin


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.