Unik, Informatif , Inspiratif

Mengolah Ayam Ala Resto, Begini Caranya

0 32

Daging ayam merupakan daging yang relatif lebih mudah pengolohannya dibanding dengan ikan, Sapi, Kambing. Walaupun menjadi salah satu makanan favorite, tapi masih banyak yang kurang memahami cara mengolahnya, sehingga hasilnya empuk dan lembut.

Inilah cara mengolah ayam agar hasilnya sekualitas olahan koki resto.

1. Pilih ayam muda

Jika ingin mendapatkan olahan ayam yang lebih empuk dan nikmat, anda bisa memilih ayam yang masih muda. Selain dagingnya tidak terlalu keras, daging ayam muda juga memiliki rasa yang lebih lezat.

BACA JUGA: Perjalanan Panjang Mangkuk Ayam Jago Merah yang Legendaris

2. Merebus

Agar ayam yang anda olah cepat empuk dan lunak, maka anda bisa merebus dagingnya bersama dengan potongan tebu. Selain dengan tebu, cara lain cara memasak ayam agar cepat empuk dan lunak adalah merebusnya dengan menggunakan air kelapa. Air kelapa juga menambah cita rasa pada olahan ayam.

3. Tidak menyimpan ayam terlalu lama di kulkas

Teknik penyimpanan daging ayam merupakan salah satu langkah cara memasak ayam yang cukup krusial. Paling lama, simpan ayam dalam kulkas selama dua hari. Soalnya suhu kulkas di rumah biasanya lebih hangat daripada suhu pendingin makanan yang ada di toko, dan lebih sering dibuka-tutup. Meskipun masa kedaluarsanya masih agak lama, biasanya ayam sudah tidak begitu segar.

4. Merendam dalam bumbu

Sebelum mengolah ayam, pastikan untuk membumbuinya terlebih dahulu. Tak hanya memperkaya rasa daging, teknik ini juga akan membuat tekstur daging lebih lembut dan berserat. Bumbui daging ayam sekitar 3-4 jam sebelum memasaknya agar rasanya semakin nikmat.

5. Mengiris daging

Cara mengirisnya adalah dengan mengikuti alur serat daging, setelah itu pukul-pukul daging agar lebih empuk. Biasanya, cara memasak ayam satu ini sangat cocok digunakan untuk ayam panggang atau ayam goreng (tanpa proses masak dalam bumbu dahulu).

BACA JUGA: Benarkah Tidak Boleh Makan Ayam setelah Operasi?

6. Tidak memasak terlalu lama

Cara memasak ayam yang benar adalah hindari memasak daging ayam terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan tekstur dan serat daging menjadi lebih keras, serta kering. Karenanya, perhatikan waktu pemasakan ayam, dan jangan lupa untuk membolak-balikannya agar seluruh permukaan daging ayam matang merata.

Selamat mencoba! []

SUMBER: LIPUTAN6

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline