Unik, Informatif , Inspiratif

Menguak Ayat tentang Laut

0

Saat melihat pemandangan di laut yang eksotis, siapa yang tidak terpesona? Banyaknya orang yang berbondong-bondong menyaksikan keindahan ciptaan Allah.

Birunya air laut disertai bahtera yang berlayar di atasnya. Hal ini mengingatkan pada ayat Al-Quran yang bunyinya, “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal di tengah (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung.” (QS. Asy Syura : 32)

BACA JUGA: 5 Cara Hindari Kutu Laut yang Berbahaya

Dan lihatlah bagaimana nampaknya kapal tersebut di lautan.

“Dan kepunyaan-Nya-lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunug-gunung.” (QS Ar-Rahman : 24) Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya mengatakan bahwa bahtera tersebut nampak besar seperti gunung.

Adapun manfaat dari bahtera di lautan yang membawa manfaat bagi manusia karena mereka dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia.” (QS Al-Bqarah : 164) Imam Ibnu Katsir mengatakan bahwa manfaat bahtera di lautan adalah dapat memindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain.

BACA JUGA: Melihat Robot Ubur-ubur Penjaga Laut

Adapun manfaat laut yang jauh lebih besar. Dari Abu Hurairah, ia megatakan, “Seseorang pernah menanyakan pada Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah, kami pernah naik kapal dan hanya membawa sedikir air. Jjika kami berwudhu dengannya, maka kami akan kehausan. Apakah boleh kami berwudhu dengan iar laut?” Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam lantas menjawab, “Air laut itu suci dan bangkainya pun halal.” (HR Abu Daud, At Tirmidzi, Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih) []

SUMBER: RUMAYSHO


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.