Unik, Informatif , Inspiratif

Menguak Manfaat dari Cara Tidur Rasulullah

0

Membicarakan kebaikan akhlak Rasulullah tentu tidal akan ada habisnya. Segala sesuatu yang dilakukannya bukanlah hal yang sia-sia. Begitu pun dengan tidurnya. Lho ko bisa?

Rasulullah terbiasa mengambil wudhu sebelum tidur, sambal berdikir dan memiringkannya ke sebelah kanan. Salah satu rahasia yang terkuak ialah dari cara tidur miring ke kanan.

BACA JUGA: Membereskan Tempat Tidur di Pagi Hari Ternyata Menyimpan Bahaya

Di dunia kedokteran modern, posisi tidur miring ke kanan sangat dianjurkan. Apabila dianjurkan tentu banyak manfaatnya bukan?

Nah, berikut ini beberapa manfaat dari tidur miring ke kanan:

1. Merupakan Cara Berhenti Mendengkur

2. Menjaga Saluran Pernapasan.

Dengan tidur seperti itu maka jatuhnya lidah ke pangkal dapat di cegah, sehingga saluran pernapasan tidak terganggu.

3. Menjaga Kesehatan Jantung.

Jantung pun tidak tertimpa organ lainnya dalam keadaan seperti itu. Sebab, posisi jantung yang lebih condong berada di sebelah kiri. Sedangkan, tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan karena darah yang masuk ke atrium juga banyak yang disebabkan karena paru-paru sebelah kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru sebelah kiri.

4. Menjaga Kesehatan Paru-Paru.

Sudah tentu tahu bukan, jika ukuran paru-paru sebelah kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru sebelah kanan. Nah, jika tidur miring ke sebelah kanan maka jantung akan condong ke sebelah kanan.

BACA JUGA: Rasulullah Katakan Kebodohan sebagai Suatu Penyakit

Hal ini tidak menjadi masalah karena paru-paru sebelah kanan lebih besar. lain halnya jika bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru sebelah kiri yang ukurannya kecil.

Namun, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam juga terkadang miring ke sebelah kiri untuk sementara dan kemudian kembali lagi miring ke sebelah kanan. []

SUMBER: ABI UMMI


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.