harga obat, Menguatnya Dolar Mempengaruhi Harga Obat
Unik, Informatif , Inspiratif

Menguatnya Dolar Mempengaruhi Harga Obat

0

Kenaikan nilai tukar dolar terhadap rupiah berdampak terhadap harga obat. Hal ini disebabkan hampir 95% bahan baku obat adalah import. Dan 50% bahan kemasannya juga import. Karena itu Gabungan Pengusaha (GP) Farmasi Indonesia mengusulkan harga obat naik 5-7%.

“Saat ini sekitar 80% bahan obat yang tidak bisa dikontrol oleh pemerintah. Dengan kondisi persentase bahan baku obat yang masih impor tersebut maka harga obat di Indonesia tergantung fluktuasi nilai dolar. Kami usulkan agar mulai 1 Oktober harga obat bisa naik 5-7%,” kata Dorodjatun saat berbicara dalam Rapat Koordinasi Pembahasan Usulan Kenaikan Harga Obat di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang digelar Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

BACA JUGA: Anies Luncurkan Rumah Susun Sederhana DP Nol Rupiah

Related Posts
1

Nilai Tukar Rupiah Melemah, Timses Jokowi: Jangan Sampai…

Menurut Dorodjatun sebagai Direktur Ekskutif Gabungan Pengusaha Frmasi Indonesia, karena keadaan ini, industri farmasi Indonesia kini banyak yang terancam kolaps.
Karena kenaikan harga obat, maka banyak rumah sakit yang menunggak dalam melakukan pembayan. Kondisi ini mengundang keluhan industri farmasi.

Dorodjatun mengaku sudah berkirim surat kepada pemerintah terkait pengadaan dan harga obat ini pertengahan Agustus 2018. Namun hingga kini, belum ada kebijakan apapun terkait harga obat yang diputuskan oleh pemerintah. []

SUMBER: SINDONEWS

Redaktur: Kesit S


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.