Unik, Informatif , Inspiratif

Mengucapkan Selamat Natal karena Tidak Enak

0

Saat Hari Raya tiba orang berbondong-bondong mengucapkan selamat. Itu sudah menjadi budaya. Tapi, apa jadinya jika itu Hari Raya Natal? Apakah boleh mengucapkannya?

Bagimana hukumnya dalam Islam?

Dalam perayaan natal yang dirayakan oleh Umat Nasrani meyakini bahwa Nabi Isa ini adalah anak Tuhan. Sehingga, jika Umat Islam memberikan ucapan pada Umat Nasrani maka, Umat Islam juka meyakini trinitas yang merupakan keyakinan Umat Nasrani.

BACA JUGA: Natal Tidak Dirayakan dengan Bebas di Beberapa Negara Ini

Quarish Shihab yang merupakan salah seorang ulama yang terkenal di Indonesia memiliki pandangan bahwa tidak apa-apa mengucapkan “Selamat Natal” selama itu tidak mempengaruhi akidah di dalam diri seseorang. Bahkan menurut beliau hal ini disyariatkan dan bisa dilakukan.

Jadi, menurut pandangan beliau hal ini semacam seperti basa-basi saja dan bukan untuk dipercayai dan diyakini. Selama hal itu tidak memengaruhi akidah dan kepercayaan seseorang, maka hal itu sah-sah saja.

BACA JUGA: MUI Padang Larang Muslim Pakai Atribut Natal

Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan Fatwa MUI yang jelas-jelas mengharamkan untuk mengucapkan “Selamat Natal” pada orang Nasrani.

Padahal dari keempat Madzhab yang ada, yaitu Madzhab Syafi’i, madzhab Hanafi dan Madzhab Hambali pun mengharamkan hal tersebut karena konsekuensi kufur yang ada. []

SUMBER: DALAM ISLAM


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.