Unik, Informatif , Inspiratif

Mengungkap Asap Sejarah Sate, 100 Persen dari Indonesia

0

Mengetahui sejarah makanan khas dapat menggugah lebih banyak spirit kita. Salah satunya sate, makanan satu ini sering kita temukan di seluruh wilayah Indonesia. Namun, tahukah sejarahnya?

Seperti dilansir TribunTravel dari beberapa sumber, ada penjelasan soal asal muasal makanan yang 100 persen asli Indonesia ini.

BACA JUGA: Mengecap Sejarah Kecap Manis di Indonesia

Informasi ini dijelaskan oleh pencinta kuliner dan food writer, Jennifer Brennan. Brennan mengatakan, sate berasal dari Jawa.

Sate adalah makanan yang diadaptasi dari kebab yang dibawa oleh para pedagang Muslim dari Gujarat pada awal abad ke-19. Meskipun awal mula pembuatan sate terinspirasi dari kebab, namun sate dikembangkan oleh orang Indonesia yakni orang Jawa.

Dari Jawa, sate menyebar ke seluruh Indonesia dan disesuaikan dengan cita rasa masing-masing daerah hingga akhirnya menciptakan variasi sate.

Ada sate khas Ponorogo, sate Madura, sate Tegal, sate Padang, sate buntel, sate lilit Bali, dan sebagainya. Selain bumbu yang digunakan bervariasi, daging dan cara memasaknya pun berbeda.

Sehingga bisa dikatakan, hidangan sate ini 100 persen berasal dari Indonesia. Dan penyebaran sate ini pun sudah ke seluruh dunia seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.

BACA JUGA: Kenali Madu, Warisan Al-Quran Sepanjang Sejarah

Penyebaran sate ini tidak terlepas dari para perantau dari Jawa yang berjualan sate di sana. Di Afrika Selatan, sate dikenal dengan nama sosatie.

Sosatie seperti halnya sate namun ada tambahan sayuran seperti bawang bombay dan paprika di tengah-tengah tusukan. []

SUMBER: TRIBUNNEWS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.