Unik, Informatif , Inspiratif

Mengunjungi Masjid Kayu Representasi Dinasti Seljuk yang Sejuk

0

Masjid itu berdiri di Turki tengah, dengan fitur kayu yang dibangun di masa Dinasti Seljuk.  Untuk pertama kalinya di dunia, masjid itu pula telah menjadi karya representasi paling signifikan bagi arsitektur Islami Turki selama berabad-abad.

Masjid Kayu, Mengunjungi Masjid Kayu Representasi Dinasti Seljuk yang Sejuk

Situs resmi UNESCO melansir, ketika para peletak Dinasti Seljuk tiba di Anatolia pada abad ke-13, mereka membangun mesjid dengan tiang dan atap kayu seperti milik Samarkand, Bukhara dan Khiva di Uzbekistan.

BACA JUGA: Mengunjungi Masa Lalu Peradaban Seljuk di Konya

Situs web tersebut mengatakan, desain arsitektur masjid mewakili fitur tenda-tenda di Asia Tengah, serta masjid-masjid yang terbuat dari kayu di Turkistan pada abad ke-11 dan 12.

Masjid Kayu, Mengunjungi Masjid Kayu Representasi Dinasti Seljuk yang Sejuk

Masjid Arslanhane di Ankara, Masjid Afyon Ulu di Afyonkarahisar, dan Masjid Esrefoglu di Konya termasuk masjid-masjid bertiang dan beratap kayu pertama yang dibangun oleh Dinasti Anatolia Seljuk dan Beyliks.

Mereka masuk dalam daftar sementara situs Warisan Dunia UNESCO pada 2018.

“Muslim Turki membangun masjid-masjid semacam ini untuk pertama kalinya,” kata kepala manajemen lapangan Masjid, Esrefoglu Yasar Erdemir lansir Anadolu Agency.

Masjid Kayu, Mengunjungi Masjid Kayu Representasi Dinasti Seljuk yang Sejuk

“Tradisi membangun masjid beratap dan bertiang kayu di Turki terjadi hingga abad ke-21,” lanjut Erdemir.

BACA JUGA: Sancaklar, Masjid Bawah Tanah Turki

“Masjid-masjid ini berfungsi sebagai tempat ibadah penting di Anatolia. Secara estetis mereka sangat memesona,” pungkasnya. []

SUMBER: ANADOLU


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline