mitos enteng jodoh
Foto: tropicaltanning.info

Menikah di Bulan Ramadhan, Bolehkah?

Ramadhan adalah bulan penuh kemulian dan keberkahan. Di bulan ramadhan itu jugalah setiap amalan manusia Allah balas dengan pahala yang berlipat ganda. Pada saat ramadhan juga terjadi suatu malam yang kadar kemuliaannya lebih baik dibandingkan seribu bulan, itulah Lailatul Qadr.

Pada saat bulan Ramadhan juga manusia dituntut untuk belajar dalam menjaga dirinya dari hawa nafsu yang membelenggunya. Termasuk di dalamnya hubungan suami istri yang dilarang saat ia sedang berpuasa ramadhan.

Lalu bagaimana jika seorang Muslim menikah di Bulan Ramadhan? Bolehkah?

Menikah sendiri adalah ibadah yang Allah perintahkan dan Rasulullah ﷺ contohkan. Dengan menikah jugalah seorang Muslim dapat menggenapkan separuh agamanya.

Dalam Islam sendiri tidak mengenal istilah tanggal baik ataupun tanggal buruk dalam menentukan sebuah acara. Karena perihal muamalah, selama hal yang akan dilakukan merupakan sebuah kebaikan dan bermanfaat maka boleh dilakukan. Termasuk masalah penentuan tanggal pernikahan atau hajatan lainnya, karena dalam agama Islam seluruh hari adalah baik. Dan termasuk di bulan Ramadhan, tak ada yang melarang melangsungkan menikah.

Dilansir Konsultasi Syariah, inilah yang menjadi landasan Fatwa Lajnah Daimah ketika ditanya mengenai hukum menikah di bulan Ramadhan.

“Tidak dimakruhkan menikah di bulan Ramadhan, karena tidak adanya dalil yang menunjukkan hal itu.” (Fatwa Lajnah Daimah, no. 8901).

Jadi, saat Anda telah menentukan tanggal menikah di bulan Ramadhan, segeralah lakukan, Karena hal tersebut tak dilarang oleh Islam. Hanya saja, sebagai seorang Muslim hendaknya menjaga kaidah ‘menahan hawa nafsu’ di bulan Ramadhan agar tidak membatalkan puasa Ramadhan. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

ibadah hari raya idul adha

Fikih seputar Lebaran, dari Malam Takbiran hingga Shalat Ied

Fikih Lebaran di sini maksudnya adalah sejumlah hukum syara’ yang terkait dengan hari raya Idul Fitri, baik sebelum, pada saat, maupun sesudah shalat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *