Unik, Informatif , Inspiratif

Menikah Lalu Bercerai, Apakah Itu Jodoh?

0

Takdir Jodoh Menurut Kacamata Islam Jodoh merupakan salah satu takdir yang banyak dinanti oleh orang daripada maut. Ya, jika berbicara tentang maut, mungkin ngeri dibayangan.

Tapi, ketika kalimat jodoh terucap, maka indahlah perasaan. Meski begitu, masih banyak orang yang sedih akibat takdir yang satu ini. Hingga beberapa orang bertanya terkait jodoh.

BACA JUGA: Muslimah Dipaksa Menikah, Apa Pandangan Islam?

Bagaimana pandangan Islam terkait jodoh dan apakah jodoh merupakan takdir yang telah digariskan?

Kekhawatiran itu terus berlangsung, padahal sesungguhnya Allah telah membocorkan persoalan tentang jodoh ini kepada kita melalui Surat An Nur ayat 26, “Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik.”

Jika berpatokan pada potongan ayat Al-Qur’an diatas dapat disimpulkan, sebenarnya masalah jodoh sudah tidak perlu dikhawatirkan atau dipertanyakan. Allah menyuruh kita untuk memperbaiki diri, maka jodoh kita tak akan jauh dari bagaimana sifat kita.

Adapun rahasia Islam dalam memilih jodoh, tertuang dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, “Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa, “Perempuan itu dinikahi karena empat faktor yaitu agama, martabat, harta dan kecantikannya. Pilihlah perempuan yang baik agamanya. Jika tidak, niscaya engkau akan menjadi orang yang merugi.”

Tapi, bagaimana jika setelah menikah mereka becerai, apakah mereka dikatakan tidak berjodoh?

Adapun hubungan jodoh dan cerai. Ketika kita berpikir, jika seseorang yang dinikahi, lama berdampingan, merupakan cerminan dari diri sendiri, dan bisa katakan mereka berjodoh.

BACA JUGA: Mitos atau Fakta, Pria Jawa dan Wanita Sunda Tidak Boleh Menikah?

Dari sini, maka kembali pada yang namanya takdir. Bahwa sebenarnya di Lauh Mahfudz telah dituliskan banyak pilihan tentang jalan hidup apa yang akan dijalani. Rasulullah telah memberikan petunjuk dan juga nasihat dalam memilih pasangan hidup.

Maka apabila pasangan hidup kita membuat kita menjauh diri dari Allah, jangan salahkan Allah yang telah menuliskan takdir. Karena semua itu sebenarnya sudah sesuai daripada apa yang telah dipilih sebelumnya. Apa dengan cara yang baik dan halal sesuai Islam atau justru dengan cara sebaliknya, cara maksiat. []

SUMBER: ISLAMIDIA


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline