Foto: FrantisekSpurny - DeviantArt

Meninggal di Bulan Ramadhan, Husnul Khotimah?

Bulan Ramadhan memang merupakan bulan penuh ampunan dan keberkahan. Lalu, apakah meninggal di bulan Ramadhan adalah husnul khotimah?

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengajarkan prinsip kepada manusia bahwa sebab mereka masuk surga adalah amal. Seringkali Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebut penjelasan, bahwa seseorang masuk surga karena amal yang dikerjakannya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Itulah surga yang diberikan kepada kalian disebabkan amal yang telah kalian kerjakan,” (QS. az-Zukhruf: 72).

BACA JUGA: 9 Tanda Seseorang Meninggal Khusnul Khatimah, Satu di Antaranya Hanya karena Sakit Perut

وَنُودُوا أَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Mereka dipanggil, “ltulah surga yang diberikan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan,” (QS. al-A’raf: 43).

Meninggal dalam keadaan husnul khotimah memang dambaan setiap Muslim. Namun, kita harus bisa membedakan antara meninggal di bulan Ramadhan dengan meninggal ketika sedang puasa.

Karena kita tahu, meninggal dalam keadaan sedang beramal shaleh, termasuk husnul khotimah. Dan salah satunya, meninggal ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Sehingga tidak semua meninggal di bulan Ramadhan merupakan orang berakhlak baik. Karena ada juga orang berakhlak tidak baik yang meninggal di bulan berkah ini.

Karena itu, waktu yang mulia maupun tempat yang mulia, tidak bisa menyebabkan penghuninya jadi mulia.

Dari Hudzaifah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang orang yang meninggal dalam kondisi beramal,

مَنْ قَالَ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ خُتِمَ لَهُ بِهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ ، وَمَنْ صَامَ يَوْمًا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ خُتِمَ لَهُ بِهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ ، وَمَنْ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ خُتِمَ لَهُ بِهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

Siapa yang menyatakan Laa ilaaha illallah ikhlas mengharap wajah Allah, dan dia akhiri hidupnya dengan ikrar ini, maka dia masuk surga.

BACA JUGA: Amalkan Ini, Insya Allah Khusnul Khatimah

Siapa yang berpuasa dengan ikhlas mengharap wajah Allah, dan dia akhiri hidupnya dengan puasa ini, maka dia masuk surga.

Siapa yang sedekah dengan ikhlas mengharap wajah Allah, dan dia akhiri hidupnya dengan sedekah ini, maka dia masuk surga. (HR. Ahmad 23324 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth). []

Sumber: Konsultasi Syariah


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *