Rumah sakit, Menkes: RS Harus Akreditasi untuk Jamin Mutu Pelayanan
Unik, Informatif , Inspiratif

Menkes: RS Harus Akreditasi untuk Jamin Mutu Pelayanan

0

Untuk menjamin mutu pelayanan dan keselamatan pasien, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek menegaskan rumah sakit (RS) harus memiliki akreditasi.

Ia menilai bahwa  mutu pelayanan rumah sakit juga menjadi dimensi yang sangat strategis untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) dan Sustainable Development Goals (SDGs) yakni kehidupan sehat dan sejahtera.

BACA JUGA: Kisah Horor Rumah Sakit Bandung Medical Centre

“Berbagai bukti pelayanan kesehatan bemutu rendah akan berbahaya bagi pasien serta membuang uang dan waktu. Ini (mutu) yang harus dijaga betul, kita tidak boleh memberikan mutu yang buruk,” jelas Nila.

Ia pun mengatakan, peran Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dalam hal ini sebagai penjaga mutu dan keselamatan pasien.

Sementara itu, menurut Ketua Eksekutif KARS Sutoto, akreditasi rumah sakit perlu dilakukan sebab rumah sakit seperti pisau bermata dua. Di satu sisi sangat bermanfaat dan di sisi lain apabila tidak mematuhi peraturan perundang-undangan dan standar profesi akan membahayakan masyarakat.

BACA JUGA: Pasien Bakar Rumah Sakit Jiwa di Aceh Tengah

“Saat ini sebanyak 2.026 RS yang sudah terakreditasi, sisanya 852 RS yang belum diakreditasi. RS yang terakreditasi, ada penandatanganan komitmen perjanjian jika ada pelanggarang akan dilakukan investigasi oleh KARS,” ujarnya.

Oleh karena itu, Sutoto merasa bila KARS menjaga mutu agar RS dalam melakukan pelayanan, lebih banyak manfaatnya. []

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.