Menteri Luar Negeri

Menlu: Indonesia Terkena Dampak Pemutusan Hubungan Diplomatik Arab-Qatar

INSPIRADATA. Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri Republik Indonesia mengatakan bahwa pemutusan hubungan diplomatik empat negara Arab dengan Qatar juga berimbas kepada Indonesia. Salah satunya dalam sektor perdagangan dan pariwisata. Demikian disitat dari Republika, Kamis (8/6/2017).

Retno mengatakan, di sektor perdagangan Indonesia terkena dampak pemutusan hubungan Arab-Qatar ini. Pasalnya ada penutupan akses udara, laut, dan darat.

“Maka perdagangan Indonesia yang dilakukan misalnya melalui pelabuhan-pelabuhan di Emirat Arab tentunya terpengaruh,” ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/6).

Maka dari itu, lanjut Retno, ia telah berkomunikasi dengan Menteri Perdagangan terkait kondisi ini, terutama dalam hal ekspor barang. Kendati demikia, Retno menambahkan, pengiriman kargo melalui udara tidak terlalu bermasalah.

“Karena penerbangan Jakarta-Doha tidak terdampak sama sekali dengan perkembangan yang baru ini. Tetapi kargo yang melalui laut, kita akan melihat kembali,” kata dia.

Selain itu, pemutusan hubungan diplomatik ini juga berdampak ke Indonesia dalam sektor pariwisata. Dalam hal ini wisatawan yang menggunakan penerbangan Qatar akan terhambat. Retno menyampaikan, dirinya telah menghubungi para dubes di negara-negara terkait guna mengantisipasi dampak terburuk.

Tak hanya itu, penerbangan jamaah umrah Indonesia pun turut terkena imbasnya. Namun, masalah jamaah umrah ini sudah dialihkan ke maskapai lainnya.

Retno juga menginformasikan terkait kondisi WNI di Qatar. Pemutusan hubungan ini, lanjut Retno, tidak berdampak kepada para WNI yang bekerja di Qatar. Jumlah WNI di Qatar saat ini tercatat mencapai 29 ribu. KBRI juga telah membentuk satgas khusus untuk memberikan perlindungan kepada WNI.

“Sejauh ini tenaga kerja tidak bermasalah. Tenaga kerja kita cukup banyak yang ada di sana,” ucap Retno. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *