Unik, Informatif , Inspiratif

Menstruasi Tidak Lancar? Coba Atasi Dengan Cara Ini

0

Hampir setiap wanita pernah merasakan masalah kewanitaan saat menstruasi , seperti nyeri, atau menstruasi tidak lancar. Penyebabnya bisa beragam, dari mulai masalah hormonal, pola makan yang tidak teratur, atau akibat dari stres.

Masalah menstruasi yang sudah berlangsung lama dan terjadi terus-menerus harus segera diperiksakan pada dokter, tapi jika masalah ini hanya sesekali terjadi, Anda bisa menggunakan cara-cara di bawah ini untuk mengatasinya:

BACA JUGA: Saat Haid, Wanita Dilarang Potong Kuku?

1. Minum Jus Wortel

Wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, vitamin C, kalsium, dan zat besi yang akan menjaga hormon-hormon dalam tubuh agar tidak mengalami gangguan. Rutin meminum jus wortel dengan sedikit gula ataupun tanpa gula bisa menjadi cara melancarkan menstruasi yang efektif untuk Anda.

2. Minum Air Kelapa Hijau

Anda dapat memanfaatkan air kelapa hijau yang mengandung senyawa laurat, yang kegunaannya mampu membantu melawan berbagai macam penyakit. Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Juga mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda sehingga akan membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Tentunya pilihan yang tepat jika Anda memakai air kelapa muda untuk dijadikan sebagai cara melancarkan menstruasi .

3. Konsumsi Kunyit

Kunyit seringkali digunakan sebagai bahan jamu tradisional. Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yaitu kurkumin. Senyawa ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Cara melancarkan menstruasi dengan kunyit adalah dengan meminum jamu yang menggunakan racikan kunyit. Minumlah jamu ini secara rutin untuk memperlancar menstruasi.

4. Konsumsi Jahe

Jahe memiliki banyak kandungan zat dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya antara lain adalah minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Anda juga bisa memanfaatkan jahe sebagai cara untuk melancarkan menstruasi secara alami. Untuk memperlancar menstruasi Anda, Cobalah rutin meminum air seduhan jahe dengan madu setiap hari.

BACA JUGA: Ini Tata Cara Bersuci dari Haidh

5. Istirahat Teratur

Bila Anda mendapatkan istirahat yang cukup, hormon kortisol dapat terproduksi dengan baik sehingga jika Anda mengalami stres, dapat teredam dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus yang merupakan hormon yang mengatur periode menstruasi.

6. Rajin Berolahraga

Rutin berolahraga terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh. Anda tidak harus melakukan olahraga yang susah dan terlalu berat. Cukup dengan melakukan latihan badan yang mudah dan ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda. Latihan tersebut akan memperlancar aliran darah, sehingga menstruasi pun lancar. []

SUMBER: VEMALE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.