Unik, Informatif , Inspiratif

Menteri Keamanan Siber Jepang Belum Pernah Sentuh Komputer, Masa?

0 23

Menteri Keamanan Siber dan Olimpiade Jepang yang baru ditunjuk, Yoshitaka Sakurada, mengaku tidak pernah menyentuh komputer sebelumnya.

Padahal, dia bertanggung jawab penuh untuk keamanan di jaringan internet Jepang, khususnya Olimpiade 2020 di Tokyo nanti.

BACA JUGA: Trauma Wanita, Seorang Pria Jepang Nikahi Boneka

Hal ini disampaikannya pada rapat parlemen, Rabu (14/11/2018), seperti dikutip Reuters. Pria 68 tahun ini ditunjuk menteri oleh Perdana Menteri Shinzo Abe bulan lalu, setelah 18 tahun menjabat anggota parlemen.

Masih ada staf!

Dia memicu keterkejutan anggota dewan Jepang ketika ditanya apakah melek komputer. Dengan gampangnya, Sakurada mengatakan perkara komputer bisa dikerjakan stafnya.

“Saya independen sejak usia 25 tahun dan selalu meminta staf dan sekretaris untuk melakukan hal itu. Saya tidak pernah pakai komputer!” kata dia.

Jawaban ini tentu saja mengundang banyak pertanyaan. Pasalnya bagaimana mungkin seorang menteri urusan siber tidak pernah menggunakan komputer sama sekali.

BACA JUGA: Sebuah Pulau di Jepang Mendadak Hilang, Bagaimana Ceritanya?

Sakurada beralasan, tugasnya sebagai menteri adalah “menegakkan keamanan siber dari sudut pandang warga”. Selain itu, dia mempercayakan kebijakan kepada staf di kantornya dan pemerintah. Dia yakin, tidak akan ada masalah berarti.

Olimpiade Jepang hanya berkocek 1,5 ribu yen?

Ini bukan pertama kali pernyataan Sakurada membuat banyak orang mengernyitkan dahi. Dalam rapat parlemen sebelumnya, dia mengatakan bahwa Olimpiade akan membuat Jepang keluar kocek 1.500 yen (Rp 194 ribu) padahal 150 miliar yen (Rp 19 triliun).

Pada konferensi pers wartawan Jepang juga dibuat kebingungan. Pasalnya Sakurada kebanyakan menjawab “saya tidak tahu” ketika ditanya wartawan. []

SUMBER: REUTERS | KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline