Foto: BBC

Menteri Kesehatan Turki: Serangan Kimia di Suriah Gunakan Sarin

Foto: BBC

Menteri Kesehatan Turki Recep Akdag mengungkapkan senyawa kimia apa yang telah menewaskan lebih dari 80 orang di Khan Sheikhoun, Provinsi Idlib, Suriah. Akdag mengatakan, hasil tes yang dilakukan mengkonfirmasi bahwa zat yang digunakan dalam serangan kimia tersebut adalah agen saraf jenis sarin.

“Zat telah diidentifikasi dalam tes sampel darah dan urin yang diambil dari korban senjata kimia di Idlib,” kata Akdag, dikutip kantor berita Anadolu.

Ia menambahkan, dari hasil penelitian telah ditemukan kandungan asam methylphosphonic isopropil. Asam ini terbentuk dari hasil degradasi sarin yang bereaksi dengan senyawa lain.

Demi mendapatkan perawatan, lebih dari dua lusin korban serangan senjata kimia tersebut dibawa ke Turki. Tiga di antara mereka meninggal dunia di sebuah rumah sakit Turki.

Peneliti dari Organisasi Kesehatan Dunia dan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia turut berpartisipasi dalam melakukan otopsi korban dan melakukan tes laboratorium untuk mencari tahu senyawa mematikan yang digunakan.

Hasil outopsi yang dilakukan Turki telah dikirim ke Den Haag untuk pengujian lebih lanjut oleh PBB. Sampel tanah juga dibawa melintasi perbatasan dari Idlib untuk pengujian. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *