Foto: Rte.ie

Menteri-menteri Turki Dukung Oezil

Menteri Pemuda dan Olahraga Mehmet Muharrem Kasapoglu memberikan dukungan kepada Mesut Oezil yang terpaksa hengkang dari timnas Jerman akibat diskriminasi.

BACA JUGA: Kanselir Jerman Hormati Keputusan Oezil

“Kami mendukung sepenuh hati keputusan penuh martabat saudara kami Mesut Oezil,” tulis Kasapoglu di akun twitternya sambil membagikan foto Oezil dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sementara itu Menteri Kehakiman Turki Abdulhamit Gul menyatakan bahwa keputusan Ozil hengkang dari tim nasional Jerman adalah cara terbaik untuk melawan fasisme.

“Saya mengucapkan selamat kepada Mesut Özil, yang telah melawan fasisme dengan meninggalkan tim nasional sepakbola Jerman,” cuit Gul juga melalui akun Twitter-nya.

Sebelumnya Mesut Öezil, bersama dengan rekannya yang berlaga dalam liga Inggris Cenk Tosun dan Ilkay Gundogan, bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan di London dalam acara malam bantuan dan pendidikan pada Mei lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Oezil menghadiahkan seragam timnya dan berfoto bersama Presiden Erdogan. Akibat foto ini, Oezil dan Gundogan menerima banyak kritik dan ancaman dari publik Jerman.

Federasi Sepakbola Jerman banyak dicela akibat diam dalam isu tersebut. Ozil merespon tudingan-tudingan penipuan yang diajukan kepada dirinya dengan mengatakan, “Baik sebelum maupun sesudah masa pemilu, apa pun yang terjadi saya tetap akan berfoto dengan Erdogan.”

BACA JUGA: Reaksi Oezil saat Tahu Namanya Digunakan Anak di India

“Ibu saya selalu mengingatkan saya tentang sejarah dan tradisi keluarga kami. Pertemuan saya dengan Presiden Erdogan tidak ada hubungannya dengan politik maupun pemilu. Bagi saya berfoto dengan sang Presiden merupakan bentuk penghormatan saya kepada pemimpin tertinggi dari negara keluarga saya,” ungkap Ozil dalam pernyataannya.

“Bagi saya tidak penting dari negara mana seorang presiden itu berasal. Saya selalu menghormati dunia politik. Baik itu adalah Presiden Turki maupun Presiden Jerman, sikap saya akan selalu sama,” tambah Ozil. []

SUMBER: ANADOLU


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Saudi Sepi karena Virus Corona, TKI Alman: Supir Taksi Nangis ke Saya 

Jalanan yang biasanya ramai dan macet oleh kendaraan, saat ini terlihat kosong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *