Menteri Perempuan: Hari Ibu Merupakan Penghargaan bagi Perjuangan Kaum Perempuan Indonesia

INSPIRADATA—Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, mengatakan peringatan Hari Ibu di setiap tahunnya adalah untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan di Indonesia. Terutama dalam kontribusinya yang turut serta merebut kemerdekaan RI.

“Peristiwa inilah yang kemudian dijadikan sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Ibu, baik di dalam maupun luar negeri,” jelas Yohana, lansir setgab.co.id.

Yohana menambahkan bahwa komitmen pemerintah dibuktikan dengan diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 316 Tahun 1959, yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu sekaligus Hari nasional bukan hari libur.

Peringatan Hari Ibu menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki, mengingat keduanya merupakan sumber daya potensial yang menentukan keberhasilan pembangunan.

Yohana meminta agar momentum Hari Ibu dijadikan sebagai refleksi dan renungan,  utamanya dalam upaya yang telah dilakukan guna memajukan pergerakan perempuan di semua pembangunan.

Peringatan hari ibu, lanjut menteri PPPA, diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat. [Abdillah/Inspiradata]

 

 


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *