foto: Tabloid Sinar Tani

Menteri Pertanian Berencana Bagikan 10 Juta Benih Cabai Gratis

foto: Tabloid Sinar Tani

INSPIRADATA. Meroketnya harga cabai naik di pasaran masih menjadi PR bagi Kementerian Pertanian.

Guna menyelesaikan masalah tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan dirinya memiliki cara agar polemik harga cabai tak lagi terulang di masa akan datang. Di mana, harga cabai selalu tinggi begitu curah hujan juga tinggi.

Menurut Amran, caranya adalah dengan menghidupkan kembali ‘apotek hidup’ atau menanam sayuran di rumah sendiri lewat program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

“Solusinya program KRPL, nah ini yang kita kembangkan. Ada 10 juta benih cabai rawit kita bagikan, gratis di seluruh Indonesia,” ujar Amran, Selasa (11/1/2017) seperti dilansir dari Sindonews.

Menurutnya jenis cabai rawit lah yang menjadi polemik. Cabai lainnya seperti cabai besar dan cabai keriting tidak mengalami masalah berarti.

“Cabai lagi, cabai besar turunkan, cabai keriting turunkan. Karena cabai nggak bisa berdiri sendiri, yang naik ini cuma rawit,” tutur Amran.

Kementerian Pertanian, lanjut Amran, kini tengah menyusun program pola tanah cabai setiap wilayah, sehingga satu daerah yang memiliki lebih (cabai) bisa saling memasok cabai dengan mudah ke daerah lain yang defisit.

“Sekarang kita saatnya atur pola-pola tanam sehingga masa paceklik itu nggak ada lagi. Tapi memang hasilnya nggak bisa selesai sekaligus,” pungkas Amran. []


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *