Foto: Yahoo

Menuju Pelantikan Putin Keempat

Vladimir Putin akan kembali dilantik sebagai Presiden Rusia untuk masa jabatan keempat, hari ini, Senin (7/5), setelah memenangkan pemilihan pada Maret silam.

Seperti dilansir laman BBC, setelah berkuasa selama 18 tahun, ia kembali menjabat sebagai kepala negara. Polisi anti huru hara juga telah disiagakan untuk mengawasi para demonstran yang menolak dirinya menjabat kembali.

“Ia cukup bertemu dengan sukarelawan, tidak ada jadwal lain,” kata juru bicara.

Lebih dari 1000 kasus penangkapan terjadi di 19 kota seluruh Rusia. Hampir separuhnya ada di Moskow, jelang proses pelantikan Putin. Putin kembali terpilih lebih dari 76 persen suara, kinerja pemilihannya yang terbaik, tetapi ketidakberesan yang meluas dilaporkan oleh beberapa pengamat internasional. Tuduhan tentang kecurangan surat suara juga telah memukul pemilu sebelumnya.

Pemimpin oposisi paling terkenal di negara itu, Alexei Navalny, dilarang berdiri melawan Putin. Hal itu berdasar pada penggelapan bermotif politik yang ia bantah sebelumnya. Navalny ditangkap saat dia mencoba bergabung dengan unjuk rasa pada hari Sabtu di Moskow.

Para penentang domestik menuduh Putin merusak demokrasi di Rusia. Ia juga diklaim mempertahankan partai-partai oposisi sejati di luar parlemen dan memastikan bahwa dia dan sekutunya mempertahankan kekuasaan tanpa batas.

Pada 2000 Putin untuk pertama kalinya terpilih sebagai presiden Rusia. Kemudian menjabat kembali di 2004 setelah itu di tahun 2008 ia mengundurkan diri. Ada aturan di Rusia pemimpin hanya bisa menjabat sebanyak dua periode.

Jika ia akan menjabat hingga 2024, pria berusia 65 tahun itu berkuasa hampir seperempat abad lamanya. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *