Menulis Catatan dengan Tulisan Tangan, Membuat Anda Lebih Smart

 

Jika Anda lebih suka membuat catatan menggunakan tulisan tangan, daripada mengetik di laptop, Anda lebih mungkin untuk menjadi pembelajar yang lebih baik ketimbang rekan Anda yang menggunakan laptop.

Studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Princeton dan UCLA yang dipublikasikan di The Wall Street Journal, memperkuat bukti dengan menunjukkan bahwa siswa yang membuat catatan tulisan tangan di kelas umumnya mengungguli siswa yang mengetik catatan mereka melalui komputer.

Mereka yang menulis catatan mereka menggunakan tulisan tangan, tampaknya belajar lebih baik, mampu mempertahankan informasi lebih lama, dan lebih mudah mendapat ide baru. Sementara orang-orang yang membuat catatan dengan komputer, jauh lebih buruk dalam menjawab pertanyaan konseptual.

“Temuan baru kami menunjukkan bahwa meskipun laptop digunakan sebagaimana dimaksud untuk belajar, bukan untuk hal-hal lainnya, mereka masih mungkin tertinggal prestasi akademiknya,” kata Pam Mueller, Ilmuwan Psikologis Princeton University.

Mereka yang membuat catatan dengan tulisan tangan, dapat mengulang kata-kata yang mereka dengar dalam kata-kata versi mereka sendiri, otak akan mencerna dan berpikir mengenai materi dengan lebih terlibat.

“Ironisnya, fitur dan aplikasi mencatat pada laptop begitu menarik, ini yang menggerogoti cara belajar manual,” kata Kenneth Kiewra, Psikolog dari University of Nebraska. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *