Unik, Informatif , Inspiratif

Menyikat Gigi, Lakukan dengan Benar

0

GIGI merupakan satu-satunya bagian dalam tubuh kita yang berfungsi untuk menghancurkan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Bagian ini sangat penting bagi proses pencernaan pada tubuh kita. Sebab, jika makanan yang masuk ke dalam kerongkongan tidak dihaluskan oleh gigi, maka bisa menimbulkan masalah dalam kesehatan.

Oleh karena itu, menjaga dan merawat kesehatan gigi menjadi suatu hal yang penting. Kita tak bisa mengabaikan keadaan gigi. Sebab, jika gigi bermasalah, maka akan berpengaruh pada organ lainnya. Nah, menyikat gigi merupakan salah satu terbaik bagi kita dalam menjaga kesehatan gigi.

Dalam menyikat gigi, kita tak bisa sembarangan. Ada hal-hal yang perlu kita perhatikan. Dan kita harus tahu bagaimana cara menyikat gigi yang benar, agar tidak terjadi kesalahan pada gigi. Lalu, bagaimana cara menyikat gigi yang benar itu?

1. Sikat dengan tekanan ringan. Menekan terlalu keras pada gigi akan merusak gigi dan gusi. Gusi akan mudah berdarah dan sensitif terserang infeksi. Karena bermasalah, gusi menjadi tidak sempurna untuk menyangga gigi dan bisa mengakibatkan kerusakan gigi atau gigi menjadi tanggal.

2. Arah sikatan yang benar. Arah menyikat gigi yang benar adalah vertikal satu arah dari pangkal ke ujung gigi. Tujuannya adalah agar sisa makanan di sela gigi dapat tersapu keluar dan perbatasan gusi-gigi tidak terkikis. Arah sikatan untuk gigi geraham adalah sikat permukaan kunyah dengan gerakan ke kanan-kiri seperti menyapu atau gerakan melingkar.

3. Durasi waktu menyikat gigi yang ideal adalah 2-3 menit. Kalau terlalu cepat, gigi akan kurang bersih tetapi kalau terlalu lama dapat mengikis email gigi dan mengiritasi gusi.

4. Gunakan sikat gigi berbulu lembut. Bulu sikat yang keras dan kaku akan merusak email gigi. Pastikan bulu sikat rapi dan tidak keluar dari barisan.

5. Pilih sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil. Ukuran kepala sikat yang sesuai dengan rahang akan membuat gigi lebih bersih karena dapat menjangkau bagian terdalam gigi.

Seperti itulah cara menyikat gigi yang benar. Ingatlah gigi merupakan salah satu aset berharga dalam tubuh kita. Kesalahan dalam menyikat gigi bisa berakibat fatal pada kesehatan gigi. Maka, perhatikanlah cara yang benar agar gigi berada dalam keadaan yang baik. []

Sumber: kumpulan.info


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.