Ilustrasi. foto: hipwee

Meski Kadaluarsa, 5 Makanan Ini Tetap Aman Dikonsumsi

foto: hipwee

INSPIRADATA.  Khawatir dengan makanan kadaluarsa yang masih menumpuk di dalam kulkas rumah Anda? Sebelum dibuang, ada baiknya Anda seleksi dulu makanan tersebut. Siapa tahu masih aman untuk dikonsumsi.

Tidak semua makanan kadaluarsa atau basi itu tidak boleh dimakan. Para ahli mengatakan bahwa tanggal kadarluarsa tidak selalu berarti bahwa makanan tersebut tidak aman untuk dikonsumsi, tetapi rasa makanan mungkin akan berubah bila dikonsumsi setelah tanggal yang dituliskan tersebut.

Apa saja makanan yang masih boleh dikonsumsi walaupun sudah kadaluarsa atau basi?

Dilansir dari dokter.id, ini dia daftar makanan yang masih aman dikonsumsi walaupun sudah kadaluarsa:

Keripik Tortilla

foto: potatopro

Keripik tortilla kadarluarsa biasanya tidak akan membuat Anda jatuh sakit bila dikonsumsi, walaupun biasanya akan terasa sedikit apek. Untuk membuat mereka kembali garing, Anda dapat memanggangnya di dalam oven setelah diolesi dengan minyak atau menyimpannya di dalam toples kedap udara sehingga tidak menjadi alot atau apek.

Yogurt

foto: wikipedia

Walaupun sudah kadaluarsa, yogurt ternyata masih bisa dikonsumsi. Bahkan berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah kadaluarsa, yogurt tetap aman untuk dimakan.

 

 

Cokelat

foto: Food

Cokelat sebenarnya merupakan makanan yang dapat bertahan cukup lama, akan tetapi bila dibiarkan terlalu lama di udara terbuka, maka dapat terbentuk suatu lapisan putih di permukannya. Hal ini terjadi karena butiran lemak pada cokelat meleleh dan naik ke atas permukaan cokelat. Bagian putih tersebut bukanlah jamur, jadi cokelat masih aman untuk dikonsumsi.

Telur

foto: Ngerawat Rumah Yuk

Telur dapat bertahan 3-5 minggu jika disimpan pada suhu dingin, yaitu sekitar 5 derajat Celcius. Suhu dingin ini dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri Salmonella enteritidis di dalamnya. Jadi, selama kondisinya masih baik, telur juga tetap aman untuk dikonsumsi.

 

Susu

foto: Nature’s Aid

Susu sebenarnya akan berbau tidak sedap dan terasa tidak enak jika sudah basi. Namun, masa itu masih jauh dari kondisi tidak amannya susu bagi kesehatan. Untuk membuat susu lebih tahan lama, jangan biarkan kemasannya terbuka terlalu lama pada suhu ruangan karena berbagai bakteri yang ada di udara dapat mengkontaminasi susu. Segera tutup kemasan susu dan kembalikan ke lemari pendingin (suhu sekitar 2 derajat Celcius) untuk membuatnya lebih tahan lama dan aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Dengan mengetahui tentang masa kadaluarsa ini, stok makanan di rumah tidak akan mubazir lagi. Dan, Anda juga bisa berhemat. Semoga bermanfaat.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *