sudah meninggal
Foto: Blog

Meski Sudah Meninggal, 8 Bagian Tubuh Ternyata Masih Bisa Lakukan Hal Ini

Ketika meninggal, tubuh akan bereaksi dengan berhentinya detak jantung, nadi, hingga aliran darah. Ternyata, meskipun seseorang telah meninggal ada beberapa bagian dan fungsi tubuh yang masih merespon hingga beberapa jam setelah meninggal.

Seperti dikutip dari laman Women’s Health Mag, hal-hal berikut terjadi pada tubuh sesaat setelah meninggal.

1. Rambut dan kuku terlihat tumbuh
Saat meninggal, kulit akan mengering dan menyusut, sehingga rambut dan kuku akan tampak tumbuh memanjang.

2. Tubuh membatu
Saat seseorang berhenti bernapas, sel-sel tubuh akan berhenti memproduksi ATP, yaitu bahan kimia yang diperlukan tubuh untuk relaksasi. Serat mikroskopis pun akan mengunci dan otot menjadi kaku.

3. Buang air
Seseorang yang sudah meninggal bisa saja buang air besar atau kecil. Hal ini dikarenakan otot yang bertanggung jawab menjaga kandung kemih akan relaks sehingga kotoran dalam tubuh yang tertahan akan keluar dengan sendirinya.

4. Kerutan menghilang seketika
Karena otot menjadi tidak tegang setelah kematian, makan hal ini pun akan menghentikan kerutan di dahi.

5. Mengerang dan mendesah
Sudah meninggal bukan berarti tidak ada udara dalam paru-paru yang menimbulkan suara. Menggerakkan tubuh orang yang sudah meninggal bisa membuat udara masuk ke tenggorokan lalu memainkan pita suara sehingga tercipta suara seperti erangan atau desahan bahkan cicitan.

6. Beberapa bagian tubuh tetap hidup
Saat jantung berhenti berdetak, organ-organ lain dalam tubuh pun akan mulai mati, namun tidak semua sel akan langsung mati sehingga ada kesempatan untuk menghidupkan kembali organ tersebut dengan mengambilnya untuk disumbangkan sebagai organ transplantasi.

Setelah meninggal, beberapa organ yang masih dapat berfungsi untuk disumbangkan sebagai transplantasi adalah kornea mata, kulit, sumsum tulang, dan katup jantung bahkan 15 jam setelah kematian.

7. Kulit menjadi bernoda
Tanpa fungsi hati yang menjaga darah tetap mengalir, gravitasi akan mengambil kendali peredaran darah. Artinya darah akan mengalir ke bagian terendah dalam tubuh. Misalnya jika meninggal dalam posisi duduk, darah akan berkumpul di pergelangan kaki. jika selama 12 jam darah tetap berkumpul di sana, maka akan membuat noda hitam pada kulit.

8. Penyebaran bakteri usus
Bakteri di usus membantu pencernaan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Namun saat seseorang meninggal, bakteri ini akan bebas dan masuk ke aliran darah sehingga tersebar ke seluruh tubuh. Inilah yang membuat bau orang mati menjadi tidak sedap. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *