band nirvana
Foto: mixdownmag.com.au

Mikrofon Legendaris Nirvana Bekas Kurt Cobain Dilelang, Dihargai Berapa Ya?

Produser Steve Albini melelang tiga mikrofon milik band legendaris Nirvana yang pernah digunakan untuk merekam suara dari Kurt Cobain di album terakhir mereka, In Utero.

Mengutip NME, sejak Kamis (21/9/17) kemarin, mikrofon yang digunakan untuk rekaman di Pachyderm Studios pada 1993 itu telah mulai dilelang.

“Mikrofon ini saya simpan dan sempat digunakan pada rekaman album In Uteromilik Nirvana. Mikrofon ini diabadikan dalam sebuah foto dan muncul dalam album yang dirilis ulang untuk perayaannya yang ke-20,” katanya.

Kemunculan foto tersebut, kata dia, membuat mikrofon itu menjadi benda bersejarah untuk band yang dibentuk pada 1987 itu.

“Begitu menyadari bahwa hal ini menjadi penting dan berharga, saya mengeluarkannya dari penggunaan di studio,” ujarnya.

Pasca diamankan, Albini lantas menghubungi personel Nirvana yang masih hidup yakni Dave Grohl, Pat Smear, dan Krist Novoselic untuk merawat benda yang dinilai bersejarah itu. Dia ingin menitipkan mikrofon itu di gudang penyimpanan barang bersejarah Nirvana.

Sayangnya, para personel itu tak memilikinya. Mereka pun sepakat menjual mikrofon tersebut agar dirawat oleh orang lain.

“Mereka langsung berkata, ‘Sebaiknya kau menjualnya.’ Saya pun merasa harus menjualnya dan membawa mereka ke tangan seseorang yang akan merawatnya dan tidak merusaknya, ketimbang disimpan dalam studio dengan padat kegiatan,” katanya.

Nantinya, lelang itu akan dibagi dua untuk koleksi yang berbeda, yakni sepasang stereo Lomo 19A9 tabung kondensor dan yang lainnya adalah PL20 Electro-Voice.

Sepasang sterero 19A9 itu pernah digunakan pada set drum milik Dave Grohl, sementara PL20 dan salah satu 19A9 digunakan untuk merekam vokal Kurt Cobain.

Penawaran lelang mikrofon itu akan berakhir pada 30 September mendatang. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *