Unik, Informatif , Inspiratif

Miliki Jiwa yang Postif, Ini 11 Caranya (1)

0

TEKANAN sehari-hari dan tekanan dari pekerjaan, sekolah, dan kehidupan, secara umum, kadang-kadang bisa meresahkan dan menjadi beban berat untuk ditanggung. Sehingga seseorang mungkin lebih mudah untuk menyerah pada hal-hal negatif dan merasa terbiasa dengan perasaan tak bahagia. Padahal itu hanya sebuah pelampiasan, solusi sementara karena jika terus berlanjut dalam jangka panjang, kondisi itu tidak sehat.

Kekuatan berpikir positif lebih kuat dari yang kita pikirkan. Tapi itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Optimisme harus diupayakan, dan pertama-tama kita harus mulai dengan pola pikir dan pandangan hidup kita.

BACA JUGA: Air Mata, Mata Air Jiwa Anugerah-Nya

Berikut ini 11 tips agar kita bisa memiliki jiwa yang positif:

1 1. Menumbuhkan dan hidup dalam lingkungan yang positif

Nabi Muhammad SAW berkata: “Teman yang baik dan teman yang buruk seperti penjual parfum dan pandai besi: Penjual parfum mungkin memberi Anda beberapa parfum sebagai hadiah, atau Anda mungkin membeli beberapa darinya, atau setidaknya Anda mungkin mencium baunya.” keharuman. Adapun pandai besi, ia mungkin menghanguskan pakaian Anda, dan setidaknya Anda akan menghirup asap tungku.” (HR Bukhari, Volume 3, Hadits 314)

Disadari atau tidak, kepribadian orang lain memengaruhi dan memengaruhi keputusan dan reaksi kita. Ketika kita mengelilingi diri kita dengan orang-orang yang berpikiran positif, kita sendiri dapat meningkat menjadi orang yang positif. Ini bukan berarti  kita harus mengabaikan tipe orang yang berlawanan. Sebaliknya, kita justru dituntut untuk membawa perubahan yang positif dalam diri kita kepada mereka.

2 2. Pergi keluar rumah

Ada penelitian yang membuktikan menghabiskan waktu di alam bebas dapat meningkatkan pemikiran positif. Sifat alami adalah obat yang mudah diakses untuk mengatasi stres. Berjalan-jalanlah di taman, atau ikuti rutinitas untuk berolahraga di luar ruangan. Selain menikmati secangkir teh, menanam bunga atau memelihara tanaman juga bisa menimbulkan efek positif terhadap jiwa. Ketenangan atau rasa damai yang timbul bersama sikap menghargai dunia yang diciptakan-Nya itu sungguh luar biasa.

3 3. Makan dan tidur nyenyak

Ini poin klise: makan dan tidur nyenyak. Tapi ini tidak salah. Telah terbukti secara ilmiah bahwa memiliki jadwal tidur yang teratur memungkinkan tubuh untuk beristirahat lebih mudah, dan memiliki jumlah nutrisi dan vitamin yang tepat setiap hari membantu tubuh untuk beradaptasi dan berfungsi lebih baik. Usahakan untuk selalu mendapatkan tidur yang baik selama delapan jam dan dosis harian vitamin buah sebagai permulaan. Maka Anda akan terbiasa dengan hidup sehat.

BACA JUGA: Ini Manfaat Sarapan Bagi Jiwa Raga

4 4. Berbaik hatilah pada diri sendiri

Hari-hari, ketika Anda kacau di tempat kerja dan bertengkar dengan seseorang yang dekat dengan Anda. Itu dapat mempengaruhi pandangan dan suasana hati Anda. Maka, kurangi lah ketegangan dalam diri Anda. Tidak semua hari adalah pelangi dan sinar matahari, tidak apa-apa untuk tidak menjadi sempurna sepanjang waktu. Menyalahkan diri sendiri atau orang lain bukanlah solusi. Anda sebaiknya menerima dan mencoba menarik nafas. Setiap orang berhak mendapat hari libur, begitu juga dengan keadaan emosional Anda.

5 5. Ubah bahasa Anda

Kata-kata membuat perbedaan dalam bagaimana perasaan Anda dan cara orang lain memandang Anda. Salah satu cara terbesar kita mentransfer stres adalah secara verbal. Pikiran awal untuk “bagaimana harimu di tempat kerja” bisa menjadi “Aku sangat stres dan sibuk!” Tapi alih-alih mengatakan itu, mengapa tidak mencoba mengubah nada dan berkata, “Aku menikmati makan siang yang luar biasa dengan seorang rekan hari ini!” Secara alami, ini dapat menghasilkan nada bicara dan pikiran yang lebih positif. []

SUMBER: HALALZILLA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline