Unik, Informatif , Inspiratif

Tidak Semua Sama, Ternyata Ini Macam-macam Susu

0

Salah satu minuman untuk kesehatan di keluarga adalah susu, semua umur memerlukannya. Namun ada pertimbangan, dalam mengonsumsi berbagai jenis susu.

Mengenai kualitas susu, pengurus keluarga bisa memperimbangkan kembali susu macam apa yang hendak diminum.

BACA JUGA: Ternyata Minum Susu Malah Bisa Perparah Flu

Seperti dilansir Times of India, berikut penjelasannya:

Raw milk (susu murni)

Susu jenis ini merupakan susu yang tidak dipasteurisasi dan tidak diolah dengan cara apapun. Raw milk tersedia dalam bentuk organik dan anorganik.

Susu organik

Organik berarti pakan ternak yang diberikan tidak mengandung pestisida atau bahan kimia lainnya. Apalagi di perusahaan susu, sapi dan kerbau juga tidak disuntikkan dengan hormon atau obat untuk menghasilkan lebih banyak susu.

Susu inorganik

Pakan ternak yang dimakan oleh sapi mengandung bahan kimia. Kadang kondisi kandang sapi juga buruk. Kemungkinan kualitas kebersihan buruk

Di India, distribusi susu mentah dari perusahaan susu lokal lebih tinggi di daerah pedesaaan daripada daerah perkotaan karena daya tahan dan nilai gizi susu ini. Tapi kebersihan tempat produksi susu yang tidak baik dapat menyebabkan dampak berbahaya bagi peminum susu.

Susu Kemasan

Susu kemasan adalah susu yang dipasteurisasi dan homogenisasi. Pasteurisasi berarti susu dipanaskan dan kemudian didinginkan segera di bawah suhu untuk menyingkirkan bakteri dan kotoran. Susu kemasan ada dalam tiga bentuk, yakni toned, double-toned, dan full cream.

Susu full cream adalah susu yang tidak diencerkan dan dipasteurisasi dan juga dihomogenisasi. Toned dan double-toned adalah versi susu yang diencerkan. Konsentrasi gizi dan jumlah kalori dari ketiga jenis ini berbeda.

Susu dengan kemasan tetra pak

Susu diproses menggunakan UHT (suhu ultra tinggi) atau HTST (suhu tinggi dalam waktu singkat). Susu dipanaskan pada suhu tinggi yang ditentukan hanya dalam beberapa detik, didinginkan, dan segera dikemas dalam kemasan tetra.

Tetra pak idealnya mengandung enam lapisan perlindungan untuk susu. Daya tahan susu tetra pak lebih banyak daripada susu mentah dan susu kemasan.

BACA JUGA: Alquran Jelaskan Khasiat Susu

Ada banyak penelitian mengenai perbandingan jenis-jenis susu yang tersedia di pasaran. Sebagian besar, penelitian mengarah ke tetra pak sebagai pilihan teraman.

Sebab susu ini tidak terkontaminasi dengan cara apapun berkat teknologi serta tidak ada bahan pengawet yang ditambahkan. Alasan ini membuat susu tetra pak cukup higienis untuk anak-anak, karena kekebalan tubuh mereka tidak cukup kuat untuk melawan bakteri yang ditemukan dalam susu. []

SUMBER: TIMES OF INDIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.