Foto: Minum Teh Hijau Berlebihan Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan

Minum Teh Hijau Berlebihan Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan

Teh hijau hingga kini diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan. Begitu pula dengan masyarakat Jepang, mereka sangat mengenal teh hijau dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan.

Namun, jika terlalu sering mengonsumsi teh hijau, kebanyakan orang tidak mengetahui hal ini akan menimbulkan efek samping.

BACA JUGA: 1001 Manfaat Teh Basi, Ini Uniknya

Jika seseorang mengonsumsi teh hijau dengan jumlah tinggi, maka dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh. Hal ini terjadi karena terdapatnya kandungan tanin dalam teh hijau tersebut.

Cara yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa mengonsumsi teh hijau tanpa mengurangi zat besi dalam tubuh yaitu dengan menambahkan perasan lemon ke dalam minuman teh. Karena vitamin C pada lemon dapat membantu dalam peningkatan penyerapan zat besi dari makanan ke dalam tubuh.

BACA JUGA: Cara Seduh Teh Juga Pengaruhi Manfaat Teh, Lho!

Efek yang timbul selanjutnya yaitu pusing. Pusing ini bisa timbul karena adanya kafein yang ada dalam minuman tersebut. Sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan, bahwa kafein dapat menyebabkan berbagai tingkat sakit kepala dari sakit kepala yang ringan hingga sakit kepala yang berat.

Efek yang akan ditimbulkan berikutnya ialah dehidrasi. Dengan meminum teh hijau secara berlebihan, akan menyebabkan buang air kecil. buang air secara terus-menerus akan menimbulkan ketidakseimbangan elektrolit.[]

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

About Nanda

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *