Foto: Pegipegi.com

Misteri Gunung Padang yang Belum Terkuak

Misteri Gunung Padang sampai sekarang belum terungkap, sebenarnya situs megalitikum yang besar ini dahulu digunakan untuk apa dan siapa yang membuatnya?

Gunung Padang yang lokasinya berada di kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini merupakan situs megalitikum yang paling besar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Situs ini memiliki luas wilayah 20 kali wilayah Candi Borobudur dan ketinggian mencapai 220 Meter. Hingga saat ini para arkeolog masih ingin menggali dan ingin menemukan fakta siapa saja orang di balik pembuatan situs ini dan berasal dari era mana.

Sejauh ini banyak peneliti yang meyakini jika usia dari situs gunung padang ini lebih tua dari Candi Borobudur dan seangkatan dengan Piramida Mesir. Tak hanya dikalangan peneliti, misteri gunung padang juga masih menjadi buah bibir dikalangan wisatawan dan masyarakat awam.

Banyak orang yang sengaja datang untuk melihat langsung, selain itu karena dianggap memiliki daya magis yang sangat besar banyak orang yang sengaja datang untuk melakukan aktivitas supranatural seperti semedi, mencari wangsit dan sebagainya.

Sejak Maret 2011, tim peneliti katastrofi purba yang dibentuk kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, dalam survei untuk melihat aktifitas sesar aktif Cimandiri yang melintas dari Pelabuhan Ratu sampai Padalarang melewati Gunung Padang.

Ketika tim melakukan survei bawah permukaan Gunung Padang diketahui tidak ada intrusi magma. Kemudian tim peneliti melakukan survei bawah permukaan Gunung Padang secara lebih lengkap dengan metodologi geofisika, yakni geolistrik, georadar, dan geomagnet di kawasan Situs tersebut.

Hasilnya, semakin meyakinkan bahwa Gunung Padang sebuah bukit yang dibuat atau dibentuk oleh manusia (man-made). Pada November 2011, tim yang dipimpin oleh Dr. Danny Hilman Natawidjaja, terdiri dari pakar kebumian ini semakin meyakini bahwa Gunung Padang dibuat oleh manusia masa lampau yang pernah hidup di wilayah itu.  []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *