mobil bernyanyi
Foto: suara

Mobil Listrik Buatan Nissan Ini Bisa Bernyanyi

Nissan pada pekan lalu memperkenalkan sebuah teknologi baru untuk mobil listrik masa depannya yang sangat unik. Keunikan teknologi ini karena sang mobil bisa bernyanyi saat melaju di jalanan.

Teknologi itu dinamai Canto yang diambil dari kata bahasa Latin, cantare, yang berarti menyanyi. Canto sendiri berarti saya bernyanyi.

Dengan Canto, Nissan berharap bisa memberikan solusi dari salah satu masalah pada mobil listrik yakni kesenyapannya. Berbeda dengan mobil berbahan bakar minyak, mobil listrik dikenal senyap sehingga keberadaannya tak disadari oleh pejalan kaki dan bisa memicu kecelakaan.

Uni Eropa pada 2014 lalu telah mengatur bahwa mobil-mobil listrik yang dijual di kawasan itu pada 2019 harus memiliki suara yang cukup keras, sehingga bisa didengar oleh pejalan kaki.

Nah dengan Canto, mobil-mobil listrik Nissan akan mengeluarkan suara merdu seperti nyanyian yang bisa didengar oleh pejalan kaki. Suara bak lagu ini akan berubah-ubah sesuai kecepatan mobil.

“Canto dikembangkan untuk membantu meningkatkan keamanan pejalan kaki dan menyajikan suara unik Nissan… yang mewakili posisi unik kami di pasar mobil listrik,” kata Daniele Schillaci, wakil presiden eksekutif bidang pemasaran dan penjualan global pada unit bisnis kendaraan niremisi dan baterai Nissan sebagaimana dilansir suara.com.

Teknologi Canto diperkenalkan Nissan pada mobil konsep IMx di arena Tokyo Motor Show di Jepang pada Rabu (25/10/2017) kemarin. IMx sendiri adalah mobil listrik yang sudah diotaki sistem swakemudi.

Nissan sendiri merupakan salah satu produsen mobil listrik terdepan di dunia. Leaf, salah satu mobil listrik andalannya, merupakan mobil listrik terlaris di dunia. Mobil itu sudah terjual lebih dari 283.000 unit di dunia. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *