Unik, Informatif , Inspiratif

Monumen Rahasia di Markas CIA Ini Tidak Bisa Dipecahkan

0

Sebuah monumen teka-teki yang sulit terpecahkan bernama Kryptos berada di markas besar CIA di Langley, Virginia, Amerika Serikat. Bangunan yang terdiri dari 865 huruf-huruf acak ini terlihat sangat tak beraturan. 

Adalah James Sanborn, seorang seniman yang mendapat tugas membuat monumen Kryptos pada tahun 1988. Saat itu CIA tengah membangun sebuah bangunan baru di belakang bangunan utamanya.

BACA JUGA: Masa Depan Itu Rahasia, Mengapa?

CIA menginginkan sebuah monumen yang menghiasi area di antara kedua gedung. Sanborn menamai karyanya tersebut sebutan Kryptos, kata yang berasal dari bahasa Yunani. Kata ini mempunyai arti “tersembunyi”.

Menurut Sabron, Kryptos merupakan sebuah perenungan terhadap alam, sifat alami kerahasiaan dan kerumitan kebenaran, dan pesan itu seluruhnya disampaikan dalam sebuah monumen berisi kode.

Seorang rekan Sanborn yang bernama Ed Scheidt memperkirakan bahwa seluruh teka-teki ini akan terpecahkan dalam tujuh tahun. Namun setelah 20 tahun berlalu, kode-kode itu masih belum dapat dipecahkan sepenuhnya.

BACA JUGA: Orang Gila Tidak Pernah Sakit? Ini Rahasianya

Kerjasama antara para jenius di dunia dan beberapa staf CIA hanya berhasil memecahkan 3 bagian dari monumen itu yang ternyata malah menghasilkan prosa-prosa yang membuat teka-teki ini menjadi semakin membingungkan. Ketiga bagian itu disebut K1, K2 dan K3.

Maka, masih ada 97 karakter lagi yang belum terpecahkan dari bagian ke-4 (K4). Dan semakin lama teka-teki itu menggantung, semakin penasaran mereka dibuatnya.

Begitu misteriusnya dengan arti kryptos, agen-agen cemerlang di CIA pun ingin mengungkapnya namun tidak ada yang yang mampu memecahkan kode dibaliknya. Kryptos sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti “tersembunyi”.

SUMBER: MERINDING


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.